Harga iPhone Garansi Distributor Lebih Murah? Ketahui Penyebabnya!

Harga iPhone Garansi Distributor Lebih Murah? Ketahui Penyebabnya!

Harga iPhone Garansi Distributor Lebih Murah? Ketahui Penyebabnya!

Istilah garansi distributor pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Ya, salah satu jenis garansi ini memang kerap ditawarkan oleh penjual iPhone dengan iming-iming harga yang lebih murah. Mengapa harga iPhone garansi distributor bisa lebih murah ketimbang iPhone bergaransi resmi?

Banyak yang beranggapan bahwa iPhone dengan garansi distributor pasti barang palsu, refurbish, atau rekondisi. Namun hal ini tidak sepenuhnya tepat. Untuk mengenal lebih jauh mengenai iPhone bergaransi distributor, terus simak tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini.

1. Pengertian Garansi Distributor

Garansi distributor secara sederhana dapat diartikan sebagai garansi yang diberikan oleh distributor. Perusahaan penyalur iPhone memberikan jaminan perlindungan dengan cakupan garansi serta waktu yang ditentukan sesuai kebijakan perusahaan.

Karena masing-masing distributor mempunyai kebijakan yang berbeda, wajar jika garansi yang didapatkan oleh pelanggan juga berbeda-beda. Misalnya distributor A memberikan garansi dengan jangka waktu 1 tahun sejak pembelian pertama, sedangkan distributor B hanya menjamin 6 bulan saja.

Muncul anggapan bahwa semua iPhone garansi distributor merupakan produk KW atau refurbish. Padahal anggapan ini kurang tepat karena masih banyak distributor yang menyalurkan produk asli, hanya saja proses penyaluran yang tidak sesuai membuatnya tidak memiliki garansi resmi.

Pada dasarnya Apple memang membutuhkan distributor untuk menyalurkan dan memasarkan produk di Indonesia. Jika distributor resmi menjalin kerja sama secara resmi dengan Apple serta mendapat izin yang sah, distributor tidak resmi menyalurkan tanpa adanya kerja sama dengan vendor tersebut.

2. Mengapa Harga iPhone Garansi Distributor Lebih Murah

Anda mungkin penasaran mengapa iPhone dengan garansi distributor dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan iPhone bergaransi resmi. Sebenarnya jawabannya cukup sederhana namun terkait dengan proses memasukkan produk tersebut ke Indonesia.

Distributor resmi menyalurkan iPhone ke Indonesia sesuai prosedur yang diberlakukan oleh pemerintah. Seperti yang diketahui, setiap barang yang dikirim dari luar negeri pasti akan terkena pajak dan bea cukai. Tentu saja hal ini membuat harga jual produk semakin tinggi.

Lain halnya dengan distributor tidak resmi. Kebanyakan distributor tersebut menyalurkan barang tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku sehingga mereka dapat menghindari atau setidaknya meminimalisir pajak dan bea cukai.

Karena biaya distribusi tidak terlalu besar, maka harga iPhone dapat ditekan seminimal mungkin sehingga lebih terjangkau dibandingkan iPhone dengan garansi resmi. Jadi harga yang lebih murah tidak melulu disebabkan oleh produk KW melainkan karena biaya penyaluran yang dapat diminimalisir.

Tidak sedikit pelanggan yang tergiur dengan harga iPhone garansi distributor yang lebih murah. Sayangnya harga murah tersebut harus ditebus dengan kualitas pelayanan yang kurang memadai.

Meskipun tidak semua distributor memiliki reputasi buruk, banyak pelanggan yang mengeluhkan sulitnya klaim garansi iPhone atau cakupan perlindungan yang tidak sebaik garansi resmi. Kualitas perbaikan perangkat atau penggantian komponen juga tergolong di bawah servis center Apple.

3. Perbedaan Garansi Distributor dan Garansi Resmi

Apa saja yang membedakan antara garansi resmi dan garansi distributor? Apabila dilihat dari beberapa aspek, garansi distributor dan resmi mempunyai cukup banyak perbedaan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai dua jenis garansi ini, simak penjelasan berikut.

3.1. Tempat Klaim

Perbedaan pertama terletak pada tempat yang harus Anda kunjungi saat hendak melakukan klaim. iPhone dengan garansi resmi dapat diklaim di service center resmi Apple maupun authorized reseller tempat Anda membeli ponsel tersebut.

Berbeda dengan iPhone bergaransi distributor, klaim garansi hanya bisa dilakukan di outlet distributor saja. Apabila Anda mengunjungi service center resmi, maka Anda tetap akan dilayani namun harus melakukan pembayaran penuh untuk penanganan tersebut.

3.2. Cakupan Garansi

Cakupan garansi resmi jauh lebih banyak dibandingkan dengan garansi distributor. Pasalnya perlindungan tersebut disesuaikan dengan standar yang cukup tinggi dan ketat dari perusahaan Apple. Bahkan Anda akan mendapatkan penggantian unit apabila memenuhi persyaratan yang berlaku.

Sedangkan cakupan garansi distributor tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Beberapa distributor mungkin menawarkan penggantian unit, namun dengan persyaratan yang cukup rumit serta proses klaim yang tidak mudah.

3.3. Lama Masa Garansi

Perbedaan juga terletak pada aspek masa garansi. iPhone dengan garansi resmi memiliki masa perlindungan selama 1 tahun setelah pembelian. Selama masa perlindungan, Anda dapat mengajukan klaim apabila terjadi kerusakan pada perangkat.

Sementara itu, lama masa garansi distributor cukup beragam sesuai dengan ketetapan perusahaan. Beberapa distributor mungkin juga menawarkan masa garansi yang cukup panjang, namun banyak yang hanya membatasi hingga beberapa bulan saja.

Semakin besar perusahaan, biasanya masa garansi yang diberikan juga semakin panjang. Kendati demikian, lama masa garansi tidak akan melebihi 1 tahun.

Kini sudah terjawab mengapa harga iPhone garansi distributor lebih murah dibandingkan iPhone garansi resmi. Dengan mengetahui sejumlah perbedaan antara garansi distributor dan resmi, Anda bisa menentukan pilihan ketika hendak membeli iPhone. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar