Google Rilis Sistem Operasi Fuchsia untuk Nest

Jakarta, TechOPet —

Google resmi meluncurkan sistem operasi Fuchsia yang telah dikembangkan sejak beberapa tahun lalu. Sistem operasi itu akan beriperasi tertama kalu pada perangkat Nest Hub generasi pertama.

Nest adalah salah satu bisnis Google untuk menyediakan layanan smart home.  

Google telah memberi informasi pembaruan kepada pemilik Nest Hub generasi pertama, yang pertama kali sejak 25 Mei 2021. Nest Hub generasi pertama dirilis pada tahun 2018.



Pembaruan itu tidak akan mengubah fungsi apa pun dari Nest Hub. Pembaruan hanya merubah smart display untuk menjalankan Fuchsia OS, bukan ‘Cast OS’ berbasis Linux yang digunakan sebelumnya.

Smart display Google dibuat dengan Flutter, yang dirancang untuk menghadirkan aplikasi secara konsisten ke berbagai platform, termasuk Fuchsia.

Melansir 9to5Google, Fuchsia terlacak pertama kali dikembangkan pada 2016. Pengembangan dimulai dari UI eksperimental yang ambisius, hingga berjalan di banyak perangkat pengujian internal Google untuk Fuchsia, mulai dari keseluruhan jajaran smart home dan Chromebook Google.

Sejak saat itu, OS telah berkembang secara bertahap dan baru-baru ini memulai jadwal rilisnya.

Melansir The Verge Google Nest Hub generasi pertama sudah menjalankan Fuchsia 1.0 usai menerima persetujuan baru dari Bluetooth SIG. Hal itu menunjukkan Google memperluas Fuchsia dari proses pengujian internal mereka ke sesuatu yang lebih bersifat publik.

Namun, ada pertanyaan tentang apa sebenarnya yang ingin dicapai Fuchsia OS. Pasalnya, pengguna tidak akan melihat perubahan ketika perubahan terjadi pada Nest Hub generasi pertama. Google hanya menyebut OS itu aman dan inklusif.

“Fuchsia hanya tentang mendorong tercanggihnya sistem operasi dan hal-hal yang kami pelajari dari Fuchsia dapat kami gabungkan ke dalam produk lain,” kata kepala Android dan Chrome Hiroshi Lockheimer pada 2019.

(jps/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar