Google Keyboard Kini Tersedia di Smartwatch

techopet.com – Google resmi menghadirkan aplikasi keyboard buatannya, Gboard, ke smartwatch yang menjalankan sistem operasi Wear OS.

Aplikasi ini menjadi pembaruan pertama yang dilakukan Google selama beberapa tahun belakangan.

Menulis di keyboard kecil smartwatch memang bukan hal menarik. Sebab, keyboard versi smartwatch hanya memiliki ruang terbatas, serta tombol lebih kecil agar menyesuaikan ukuran di pergelangan tangan.

Namun sebagaimana Gboard di perangkat smartphone, aplikasi keyboard ini juga hadir dengan fungsi yang sama untuk smartwatch.

Aplikasi bisa mendukung beberapa fitur seperti gesture (keyboard gerakan), tampilan QWERTY, keyboard voice, hingga emoji.

Saat membalas pesan, Gboard juga menampilkan rekomendasi kata yang dapat dipilih pengguna. Sehingga, mereka bisa langsung menekan kata tersebut ketimbang mengetik atau mengucapkannya langsung.

Ilustrasi logo Gboard, keyboard virtual dari Google. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Gboard, keyboard virtual dari Google. [Shutterstock]

Selain itu, Gboard versi Wear OS juga dapat meninjau atau memperbarui pesan di layar pratinjau untuk mengoreksi kata.

Keyboard juga menampilkan dukungan multi-bahasa seperti yang ada di versi smartphone.

Sebagaimana diketahui, Google memang tak terlalu memberi perhatian lebih ke sistem operasi khusus smartwatch buatannya, Wear OS.

Selama bertahun-tahun, Wear OS masih kalah dari pesaingnya. Banyak pengguna yang memiliki smartwatch seperti Apple Watch ataupun Samsung Galaxy Watch.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar