Google Disebut Luncurkan Ponsel Lipat Akhir Tahun

Jakarta, TechOPet —

Google diperkirakan akan mengeluarkan ponsel lipat Pixel Fold pada akhir tahun ini.

Samsung dilaporkan mulai memproduksi panel lipat OLED untuk Google pada Oktober ini.

Pabrikan itu juga dilaporkan membuat panel layar lipat untuk Vivo dan Xiaomi. Kedua vendor ponsel China ini juga disebut akan mengeluarkan varian ponsel lipat mereka pada akhir tahun ini juga.



Menurut laporan TheElec, panel yang diproduksi Samsung berukuran 7,6 inci yang melipat ke dalam. Sementara layar lipat Vivo berukuran 8 inci untuk layar utama dan layar di sampul bodi berukuran 6,5 inci.

Layar lipat 8 inci dengan rasio 3,4 x3 inci ini akan diproduksi di pabrik A3 Samsung di Asan, Korea Selatan. Sementara layar luar 6,5 inci akan dibuat oleh BOE di pabrik B7 di Chengdu, China.

Namun, tidak disebutkan ukuran layar yang akan dipakai Xiaomi. Sebelumnya, vendor ponsel China ini sempat meluncurkan ponsel lipat pertama mereka Mi Max Fold pada Maret. Ponsel ini menggunakan layar dalam 8 inci dan layar luar 6,52 inci.

Sementara ponsel lipat Oppo disebut akan meluncur pada 2022. Perusahaan ini juga berkolaborasi dengan Samsung untuk membuat layar lipat ponsel itu. Ponsel lipat Oppo diperkirakan akan berbentuk kerang (clamshell) dengan layar 7,1 inci ketika dibuka. Ponsel juga direncanakan memiliki layar luar berukuran 1,5 hingga 2 inci.

Samsung juga disebutkan akan menjadi pemasok pelindung layar lipat sangat tipis (ultra-thin) untuk berbagai merek ponsel termasuk Google. Secara teknis, pelindung layar ini merupakan buatan pabrikan Jerman Schott.

Sebelumnya ponsel lipat Google ini bocor ke publik pada Agustus tahun lalu. Namun, Google sendiri sempat memamerkan prototipe ponsel lipat mereka beberapa waktu lalu. Mereka memberika kode nama Passport untuk ponsel lipat itu, seperti dilaporkan The Verge

Melansir 9to5 Google, mereka menemukan referensi kode baru pada Android 12 yang diduga ditujukan untuk ponsel lipat ini. Selain itu, ditemukan juga sejumlah kode nama yang disebut ditujukan untuk Pixel 6 dan Pixel 5a 5G.

Masih belum jelas apakah layar tersebut memang rancangan Google sendiri atau bukan. Samsung dalam hal ini bertindak sebagai pabrik di bawah kontrak untuk memproduksi panel yang dipesan oleh berbagai vendor. Samsung bahkan memproduksi juga sebagian chip untuk Apple.

(eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar