Generasi Baru Avanza-Xenia Diduga Pakai Sasis Rocky

Jakarta, TechOPet —

Rumor generasi baru Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza telah beredar sejak mobil konsep DN Multisix muncul di Indonesia sejak 2017. Selang beberapa tahun hingga saat ini berbagai spekulasi telah muncul termasuk terkaan desain digital yang dibuat penggemar otomotif.

Kabar dari media Jepang pada September 2020 menuturkan Daihatsu bakal merancang berbagai produk berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Mobil Daihatsu yang sudah menggunakan platform ini adalah Daihatsu Tanto, Taft, dan Rocky yang diluncurkan di Indonesia pada 30 April.

Model lain yang dikatakan telah direncanakan memakai DNGA adalah generasi baru Daihatsu Move dan satu model ‘MPV compact minivan’ yang merujuk pada generasi baru Xenia/Avanza.



Spekulasinya ‘MPV compact minivan’ berwujud Xenia/Avanza baru ini merupakan pengembangan dari DN Multisix berbasis DNGA. Informasi lainnya, generasi baru Xenia/Avanza akan mengadopsi konfigurasi jok tiga baris enam penumpang seperti desain konsep DN Multisix, lalu menggunakan mesin 1.000 cc turbo seperti Rocky, dan ada tambahan opsi mesin 1.200 cc hybrid.

[Gambas:Instagram]

Toyota Astra Motor (TAM) telah berulang kali menolak membicarakan apapun terkait produk baru termasuk generasi ketiga Avanza.

“Saya belum bisa komen ya soal future products,” kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi saat ditanyai tentang terkaan desain generasi baru Avanza yang viral di media sosial, Selasa (27/5).

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra yang dihubungi terpisah juga menolak mengomentari hal itu.

“Avanza mah harus tanya ke Toyota,” kata dia.

Secara umum interpretasi desain DN Multisix berbeda jauh dari Xenia/Avanza saat ini. DN Multisix kemungkinan memiliki sistem penggerak roda depan, sehingga ada juga spekulasi yang menyebut menjadi model baru lain.

Tuas transmisi D-CVT Daihatsu RockyTuas transmisi D-CVT Daihatsu Rocky. (TechOPet/ Febri Ardani)

CVT

Mulai tahun ini ADM sudah menyatakan akan memproduksi D-CVT di Indonesia. Transmisi ini di dalam negeri pertama kali digunakan Rocky dan Raize dan dikatakan kemungkinan juga dipakai desain baru Xenia dan Terios, ini berarti termasuk Avanza dan Rush.

“Kita sudah siapkan investasinya, mulai produksi [CVT] tahun ini,” ujar Direktur Pemasaran Amelia Tjandra, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/5).

Investasi itu terkait komitmen investasi Toyota Group untuk Indonesia periode 2019 – 2023 sebesar Rp28,3 triliun. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada November 2019 pernah menjelaskan investasi itu ditujukan buat pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino.

(fea)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar