Gawat! PS4 Terancam Tidak Bisa Digunakan Main Game Lagi

techopet.com – Beberapa game konsol memiliki masa pakainya terbatas. Meski begitu, bukan berarti sistem tidak bisa digunakan lagi.

Hingga kini, konsol lawas seperti PS2 dan Nintendo GameBoy masih dapat digunakan. Namun, berbeda dengan PS4 yang diprediksi terancam tidak bisa digunakan lagi untuk bermain game.

Hal ini ditemukan oleh pemilik PS4 melalui akun Twitter @DoesItPlay1 yang menjelaskan bahwa PS4 memiliki komponen baterai CMOS di dalamnya.

Pengguna tersebut mendemonstrasikan bagaimana kegagalan atau pelepasan baterai CMOS pada sistem internal PS4, dapat mengakibatkan konsol tidak dapat digunakan untuk bermain game secara offline.

Pengguna sebelumnya mengklaim pada bulan lalu telah mengidentifikasi masalah tersebut dan meminta anggota komunitas PlayStation, membantunya mengumpulkan bukti.

Pengguna Twitter lainnya, @Forest_Reviews, kemudian membeli PS4 dan melepas baterai CMOS untuk menguji dugaan tersebut.

PS4 terancam tidak bisa digunakan lagi. [Twitter]
PS4 terancam tidak bisa digunakan lagi. [Twitter]

Pengguna menemukan bahwa ia tidak dapat memainkan game fisik atau digital di PS4 secara offline, tanpa tersambung ke server Sony. Kegagalan tersebut ditandai dengan munculnya kode error CE-30391-6.

Dilansir dari Video Games Chronicle, Selasa (20/4/2021), semua baterai internal PS4 pada akhirnya akan mati, meskipun dapat diganti.

Namun, jika Sony memilih untuk menutup PlayStation Network di masa mendatang, secara teoritis tindakan itu akan menyebabkan lebih dari 115 juta konsol PS4 tidak dapat digunakan untuk bermain game.

Tetapi Sony juga dapat memperbaiki masalah ini melalui pembaruan firmware di masa mendatang jika perusahaan itu memutuskan untuk melakukannya.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar