Garansi Platinum iPhone Adalah Tidak Resmi? Ini Jawabannya!


Garansi Platinum iPhone Adalah Tidak Resmi? Ini Jawabannya!

Garansi Platinum iPhone Adalah Tidak Resmi? Ini Jawabannya!

Garansi distributor merupakan jenis garansi yang kerap ditawarkan oleh penjual iPhone. Mungkin ada beberapa nama distributor yang sering mampir di telinga Anda, salah satunya adalah Platinum. Namun banyak beredar kabar bahwa garansi Platinum iPhone adalah tidak resmi, benarkah demikian?

Seperti yang diketahui, ada dua jenis distributor yang dikenal di pasaran Indonesia antara lain distributor resmi dan tidak resmi. Lantas termasuk kategori yang manakah distributor Platinum tersebut? Jangan lewatkan tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

1. Apakah Garansi Platinum Resmi?

Garansi Platinum merupakan garansi iPhone yang diberikan oleh distributor bernama Platinum. Distributor ini menyalurkan serta memasarkan berbagai type iPhone ke berbagai wilayah di Indonesia. Sayangnya banyak yang belum mengetahui status distributor tersebut.

Perlu diketahui bahwa Platinum merupakan salah satu distributor independen yang mendistribusikan iPhone ke Indonesia. Sebagai distributor independen, perusahaan ini tidak mempunyai kerja sama dengan Apple untuk pemasaran produk-produk iPhone.

Karena tidak memiliki izin resmi, sudah bisa dipastikan barang yang dipasarkan merupakan produk ilegal. Kendati barang tersebut asli, namun proses masuk yang dilakukan secara ilegal membuatnya menjadi produk yang ilegal pula.

Lantas bagaimana dengan garansi Platinum? Karena garansi tersebut diberikan oleh distributor yang tidak memiliki kewenangan resmi, sudah tentu pelanggan tidak bisa menggunakannya di service center resmi. Dengan kata lain, klaim garansi iPhone harus dilakukan di pusat servis Platinum saja.

Selain Platinum, masih ada beberapa distributor independen yang juga menyalurkan dan memasarkan produk iPhone di Indonesia. Kebanyakan distributor tersebut juga menjual merk lain seperti Samsung atau Xiaomi. Contoh distributor tersebut antara lain Bless, T-cell, dan WIN.

2. Kekurangan iPhone dengan Garansi Distributor

Setelah mengetahui garansi Platinum iPhone adalah garansi yang diberikan oleh distributor independen, Anda mungkin perlu memahami lebih banyak mengenai kekurangan jenis garansi ini. Tidak seperti garansi resmi, ada sejumlah aspek yang perlu menjadi perhatian.

Di bawah ini beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli iPhone bergaransi distributor:

2.1. Tidak Bisa Klaim Garansi di Service Center Resmi

Kekurangan yang paling menonjol dari garansi distributor adalah Anda tidak bisa melakukan klaim garansi di service center resmi Apple. Apabila iPhone mengalami kerusakan, klaim hanya dapat dilakukan di pusat servis distributor tersebut atau melalui toko tempat pembelian.

Tentu saja hal ini sangat merepotkan karena service center distributor mungkin hanya berada di lokasi tertentu, tidak seperti service center Apple yang banyak tersebar di berbagai wilayah. Belum lagi proses klaim yang berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan distributor tersebut.

Namun jika Anda memaksa untuk tetap mendatangi service center resmi untuk perbaikan, Anda pasti akan dikenakan biaya normal. Bahkan pada beberapa kondisi, pihak service center mungkin akan menolak untuk menangani perangkat tersebut.

2.2. Teknisi Kurang Handal

Seluruh teknisi di service center Apple telah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi untuk menangani berbagai permasalahan iPhone. Bisa dibilang teknisi tersebut sudah handal, terlatih, dan berpengalaman untuk memperbaiki berbagai jenis kerusakan pada perangkat Anda.

Sayangnya tidak demikian dengan service center distributor. Kebanyakan teknisi di service center distributor tidak mendapatkan pelatihan khusus untuk memperbaiki iPhone karena mereka juga memperbaiki berbagai merk smartphone lainnya.

Bahkan teknisi tersebut belajar secara otodidak sehingga tidak mendapatkan bekal khusus untuk mengatasi kerusakan pada iPhone. Bukan tidak mungkin kerusakan pada ponsel Anda justru semakin parah.

2.3. Software dan Hardware Tidak Standar

Harga iPhone garansi distributor memang lebih murah daripada garansi resmi. Sayangnya harga yang murah tersebut bisa berujung pemborosan karena iPhone bergaransi distributor terkadang memiliki aksesoris yang tidak sesuai dengan standar Indonesia.

Selain itu, software yang digunakan juga mungkin berbeda dengan iPhone resmi. Tidak jarang software tersebut disisipi oleh malware sehingga justru merugikan. Yang juga sering terjadi adalah ponsel tidak mendukung bahasa Indonesia, jadi cukup merepotkan jika Anda tidak memahami bahasa lain.

Spesifikasi gadget juga bisa berbeda karena pada dasarnya perangkat tersebut tidak untuk digunakan di Indonesia. Misalnya saja jaringan internet belum mendukung 4G atau pengaturan frekuensi jaringan yang berbeda.

2.4. Cakupan Garansi Terbatas

Kebanyakan garansi distributor memiliki cakupan garansi yang sangat terbatas. Tidak seperti garansi resmi yang memiliki cakupan luas, perlindungan yang diberikan oleh garansi distributor tergantung kebijakan perusahaan.

Belum lagi mengenai keaslian komponen yang digunakan. Apabila dibutuhkan penggantian komponen, sparepart yang disediakan oleh service center distributor belum tentu asli dan berkualitas.

Jika Apple bersedia mengganti ponsel dengan unit baru apabila terjadi cacat produksi, sangat sedikit distributor yang menawarkan garansi serupa. Jika iya, maka batas waktu yang ditentukan tergolong sangat singkat yaitu maksimal 3 hari saja.

Setelah mengetahui garansi Platinum iPhone adalah tidak resmi, Anda bisa menentukan pilihan untuk tetap membeli ponsel tersebut atau beralih ke authorized reseller yang menawarkan garansi resmi. Jika tidak ingin menyesal, sebaiknya pilih iPhone dengan garansi resmi dari Apple. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar