Fitur Transfer Uang Pakai WhatsApp Sudah Bisa di Brasil

Jakarta, TechOPet —

Whatsapp kini dapat dipakai untuk transfer uang di Brasil. Bank sentral Negeri Samba itu resmi memberikan restu fitur WhatsApp Pay setelah sempat diblokir tahun lalu.

COO WhatsApp, Matthew Idema menegaskan mulai 5 Mei 2021 waktu setempat sejumlah pengguna akan mendapat fitur pembayaran di aplikasi WhatsApp dan bisa mengundang pengguna lainnya untuk memakai layanan tersebut.

Mengutip Reuters, pengiriman uang di WhatsApp bisa menggunakan kartu debit atau kartu perbankan prabayar dengan batas 5.000 reais atau Rp13,2 juta per bulan, tanpa biaya administrasi.



Batasan mengirim uang lewat WhatsApp meningkat dibandingkan tahun lalu kala pertama kali diluncurkan. Saat itu pengguna hanya diizinkan mengirim 1.000 reais atau Rp2,6 juta per bulan atau tidak lebih dari 20 transfer per hari.

Mengutip Financial Times, WhatsApp di Brasil bekerja sama dengan Visa Inc, Mastercard dan Cielo SA. Kartu yang bisa digunakan di aplikasi ini adalah keluaran Banco do Brasil SA, Banco Inter, Banco Bradesco BA, Itau Unibanco Holding SA, serta layanan teknologi finansial Nubank, Mercado Pago dan Sicredi.

Sebelumnya, WhatsApp yang kini di bawah perusahaan Facebook tersebut sudah meluncurkan fitur sistem pembayaran Juni 2020 lalu. Namun, bank sentral Brasil memblokir fitur itu karena dituding bisa merusak sistem pembayaran yang sudah ada, termasuk dari segi kompetisi, efisiensi dan data pribadi.

Bank sentral Brasil juga meminta WhatsApp atau Facebook untuk menjadi layanan finansial jika ingin membuat sistem pembayaran di aplikasi. Facebook akhirnya membuat unit baru bernama Facebook Pagamentos do Brazil, yang tunduk pada aturan bank sentral.

Namun sayangnya, WhatsApp Pay ini belum mendukung untuk transaksi berbelanja. Sebelumnya, WhatsApp sudah lebih dulu meluncurkan fitur kirim uang melalui platform mereka di India.

Dilansir dari laman resminya, WhatsApp merancang fitur pembayaran tersebut bekerja sama dengan National Payments Corporation of India (NPCI) menggunakan Unified Payment Interface (UPI).

Dengan menggunakan sistem UPI, memungkinkan transaksi lebih dari 160 bank yang merupakan partner WhatsApp. Untuk mengirim uang, pengguna harus memiliki rekening bank dan kartu debit di India. WhatsApp mengirimkan instruksi ke bank yang telah disusupi sistem UPI.

Saat ini, WhatsApp di India bekerja sama dengan lima bank yaitu ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, State Bank of India, dan Jio Payments Bank. Di India, WhatsApp memiliki 400 juta pengguna aktif bulanan atau monthly active users (MAU). Sedangkan pasar terbesar kedua Brasil memiliki 120 juta pengguna aktif bulanan.

Untuk Indonesia sendiri, fitur pembayaran atau transfer dana WhatsApp belum diluncurkan. Namun juru bicara Facebook sempat dikabarkan sudah mendekati GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja sejak 2019 untuk meluncurkan fitur WhatsApp Pay.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi WhatsApp jika ingin meluncurkan fitur tersebut adalah harus berbadan hukum Indonesia dan harus tunduk terhadap ketentuan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (PTP). Regulasi ini mencakup perizinan, kewajiban, laporan, peralihan izin, pengawas, larangan hingga sanksi.

WhatsApp juga harus bekerja sama dengan Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 4 alias bank kakap dengan modal inti di atas Rp30 triliun. 

(dal/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar