Fitur Multi Device WhatsApp di 4 Perangkat Segera Meluncur

Jakarta, TechOPet —

Platform pesan instan WhatsApp dilaporkan akan merilis fitur terbaru yaitu multi device. Fitur yang dapat membuka satu akun hingga 4 perangkat. Informasi itu muncul dalam sebuah wawancara CEO Facebook Mark Zuckerberg dan kepala WhatsApp Will Cathcart dengan WABetaInfo, Kamis (3/6).

Log in di beberapa device merupakan salah satu fitur yang banyak diminta oleh sebagian besar penggunanya. Pihaknya mengkonfirmasi bahwa dukungan multi-perangkat itu telah memasuki uji coba beta publik dalam beberapa bulan mendatang.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses akun hingga empat perangkat yang ditautkan. Zuckerberg juga menjelaskan bahwa fitur multi-device tidak akan membahayakan enkripsi end-to-end yang ditawarkan WhatsApp untuk pesan yang dikirim antar individu.

“Itu masih akan dienkripsi end-to-end,” tulis Zuckerberg.



Menurut Zuckerberg, hal itu merupakan tantangan teknis yang besar untuk membuat sinkron semua pesan dan konten pengguna dengan benar di seluruh perangkat bahkan ketika baterai ponsel mati.

“Tapi kami telah memecahkannya,” klaimnya.

Pihaknya juga membocorkan fitur “view once” dalam rilisan terbaru yang akan datang. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten yang bisa dihapus secara otomatis, usai dilihat satu kali oleh penerima pesan.

Meski begitu, WhatsApp enggan mengkonfirmasi bahwa WhatsApp memiliki aplikasi iPad yang sedang dalam pengembangan, tapi menjelaskan bahwa dukungan multi-device akan memungkinkan WhatsApp di iPad.

Mengutip The Verge, Whatsapp juga akan memperluas fitur pesan menghilang, yang memungkinkan pesan dihapus setelah jangka waktu tertentu. Di masa mendatang, “mode menghilang” memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan mode tersebut di semua ruang obrolan.

Namun begitu, pihaknya tidak mengonfirmasi kapan fitur “mode menghilang” itu diluncurkan, tetapi Will menjelaskan bahwa dukungan multi-perangkat akan memasuki beta publik dalam satu hingga dua bulan ke depan.

Bersamaan fitur multi-device, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp kini tengah mengerjakan fitur cadangan obrolan terenkripsi yang dilindungi kata sandi agar memungkinkan pengguna mentransfer riwayat obrolan mereka antara perangkat iOS dan Android.

Lewat akun Twitternya, WhatsApp juga membeberkan fitur teranyarnya yaitu percepatan saat memutar pesan suara. Fitur percepatan itu dapat dilakukan dengan beberapa percepatan, dari 1x hingga 2x percepatan.

“Putar pesan suara 1x, 1,5x atau bahkan 2x lebih cepat. Pilihanmu. Sekarang tersedia di WhatsApp,” bunyi cuitan WhatsApp, Jumat (4/6).

Dikutip BGR, sebelumnya Zuckerberg mengumumkan beberapa fitur tambahan yang akan meningkatkan keamanan dan privasi di WhatsApp.

Selanjutnya, Facebook akan menerapkan fitur “lihat sekali” untuk media dan konten, yang memastikan bahwa file yang dibagikan hanya dilihat sekali oleh penerima yang dituju.

Namun, berdasarkan tangkapan layar yang memperlihatkan fitur tersebut, terdapat pemberitahuan bahwa penerima pesan masih dapat mengambil tangkapan layar sebelum konten tersebut hilang.

(can/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar