Fakta Varian Virus Delta dan Delta Plus

Jakarta, TechOPet —

Penyebaran virus Covid-19 semakin mencekam terlebih setelah ditemukannya varian baru dari virus ini bernama delta (B.1.617.2) yang pertama kali diidentifikasi di India pada Oktober 2020.

Belum usai varian virus corona baru itu kini muncul lagi varian virus Delta Plus (B.1.617.2.1 / AY.1) yang disebut mutasi dari Delta.

Sifat varian yang terdeteksi di India (AY.1) ini masih diselidiki. Namun ahli memprediksi varian virus delta dan delta plus memiliki kesamaan terhadap penularan.



Menurut konsorsium genom Covid-19 India, kasus AY.1 sebagian besar dilaporkan berasal dari sembilan negara di Eropa, Asia, dan Amerika. Keduanya dibedakan oleh mutasi K417N pada protein Spike yang dimiliki varian delta plus. Informasi varian delta plus sendiri masih sangat minim.

Ditemukan pertama di India

Kasus Covid-19 terekam paling awal yang disebabkan varian delta (B.1.617.2) pertama kali ditemukan di negara bagian Maharashtra di India pada Oktober 2020, dan sejak itu menyebar luas ke seluruh India dan seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melabelinya sebagai “varian perhatian” (VOC) pada 11 Mei.

Hindustan Times menyebutkan varian Delta dianggap telah mendorong gelombang kedua yang mematikan di India di mana negara itu menyaksikan krisis dengan kasus harian mencapai lebih dari 400.000, krematorium kehabisan ruang dan kayu untuk mengkremasi mayat, serta runtuhnya infrastruktur kesehatan di seluruh negara bagian.

Sejauh ini, WHO telah mengidentifikasi empat VOC: alpha (B.1.1.7), beta (B.1.351), gamma (P.1) dan delta. Sedangkan varian delta memiliki mutasi delta plus.

Tersebar ke 80 Negara

Varian delta tersebar luas dan telah terdeteksi di lebih dari 80 negara sejauh ini, menurut WHO. Di Inggris, puluhan ribu kasus telah terdeteksi, dan jumlah tertinggi varian delta.

Sedangkan varian delta plus pertama kali ditemukan di Inggris 11 Juni. Dikatakan bahwa varian baru itu terdeteksi pada enam genom dari India.

Sejauh ini, varian Delta Plus telah terdeteksi di sembilan negara, antara lain Inggris, AS, China, dan Jepang.


Perbedaan delta dan delta plus

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar