Facebook dan Instagram: 15 Juta Orang Bertukar Ucapan Selamat Lebaran

techopet.com – Dalam merayakan bulan Ramadan tahun ini, Facebook bersama WhatsApp dan Instagram mengajak masyarakat Indonesia bergabung dengan komunitas global dalam kampanye Ramadan online bertajuk #BulanKebaikan.

Peter Lydian selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia menyatakan, selama sebulan penuh, ada banyak cara dan ide yang dibagikan agar setiap orang bisa menjelajahi, menginspirasi, dan mengekspresikan kebaikan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Melalui kampanye Ramadan online, Facebook, Instagram, dan WhatsApp memberikan berbagai ide dan cara bagi orang-orang di Indonesia untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami,” kata Peter dalam keterangan yang diterima, Kamis (27/5/2021).

“Tren dan data selama Ramadan tahun ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang kami sediakan dapat membantu banyak orang di Indonesia untuk saling berbagi kehangatan, kebaikan dan merayakan kebersamaan secara online di bulan yang suci,” tambahnya.

Sepanjang Ramadan, orang-orang terus memberikan ucapan selamat Ramadan yang diikuti dengan selamat Lebaran di Facebook dan Instagram. Sejak dimulainya Ramadan pada 12 April lalu, ada lebih dari 15 juta orang di Indonesia yang saling bertukar pesar Happy Ramadan dan Happy Eid.

Khusus di Instagram, ada 15.000 orang yang menggunakan Instagram Live bertemakan Ramadan dan Idul Fitri yang disiarkan dari Indonesia. Selain itu, tercatat ada lebih dari 500.000 orang di Indonesia yang bergabung di lebih dari 5.000 Facebook Group terkait Ramadan tahun ini.

Peter memaparkan, interaksi selama Ramadan menjadi lebih bermakna dan ekspresif dengan stiker khusus di Instagram yang telah digunakan sebanyak 6 juta kali.

Selain stiker, avatar khusus Ramadan Kareem menjadi avatar paling populer di Indonesia. Ada juga lima GIF paling populer yang digunakan masyarakat di Instagram selama Ramadan.

Lebih lanjut, Facebook juga mencatat beberapa kuliner populer yang dibicarakan dalam aplikasi. Kuliner seperti gorengan, es campur atau es buah, hingga puding roti menjadi tiga menu kudapan berbuka puasa yang paling banyak dibicarakan orang-orang di Facebook.

“Adapun saat Lebaran, santapan khas seperti Ketupat, Rendang, dan Opor Ayam menjadi makanan yang paling banyak diperbincangkan,” tutup Peter.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar