Elon Musk Yakin Manusia Hidup dalam Simulasi

Jakarta, TechOPet —

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk mengaku semakin yakin bahwa manusia hidup dalam simulasi. Dia mengatakan kemungkinan manusia hidup dalam kenyataan hanya “satu banding miliaran kemungkinan”.

Pernyataan Musk muncul saat Code Conference pada tahun 2016. Saat itu, dia menjelaskan manusia mungkin sudah tidak dapat membedakan kenyataan selain dari sebuah game.

Melansir LAD Bibble, Musk menjelaskan teorinya itu lewat perkembangan video game saat ini. Dia menyampaikan video game sangat berkembang hingga tidak bisa dibedakan dengan kenyataan.



“Argumen terkuat bagi kami berada dalam simulasi adalah sebagai berikut, bahwa 40 tahun yang lalu kami memiliki Pong, seperti, dua persegi panjang dan satu titik. Itulah game itu,” ujar Musk menjawab pertanyaan tentang masa depan oleh salah satu penonton.

“Sekarang, 40 tahun kemudian, kami memiliki simulasi 3D foto realistik dengan jutaan orang bermain secara bersamaan dan semakin baik setiap tahun, dan segera kami akan memiliki virtual reality atau augmented reality,” ujarnya.

“Jika Anda mengasumsikan peningkatan [game] dalam kadar apa pun, maka game akan menjadi tidak dapat dibedakan dari kenyataan,” lanjutnya.

Konsep tersebut menjadi salah satu yang banyak dibicarakan, khususnya dalam beberapa tahun terakhir.

Makalah tahun 2003 berjudul ‘Are You Living in a Computer Simulation?’ oleh filsuf Swedia Nick Bostrom mengatakan bahwa generasi mendatang mungkin memiliki komputer yang dapat menjalankan simulasi nenek moyangnya, manusia saat ini, di mana makhluk yang disimulasikan memiliki semacam kesadaran buatan.

“Maka bisa jadi sebagian besar pikiran seperti kita tidak berasal dari ras asli tetapi lebih kepada orang-orang yang disimulasikan oleh keturunan maju dari ras asli,” jelas Bostrom.

Dikutip dari Daily Star, Musk mengajak semua pihak untuk sepakat dengan keyakinannya itu. Dia berkata berhentinya peradaban mungkin karena beberapa peristiwa bencana.

“Apakah kita akan membuat simulasi yang tidak dapat dibedakan dari kenyataan atau peradaban akan lenyap? Itu adalah dua pilihan,” ujar dia.

Musk menambahkan orang-orang saat ini berada di jalur untuk memiliki game yang tidak dapat dibedakan dari kenyataan dan game tersebut dapat dimainkan di set-top box apa pun atau di PC atau apa pun.

“Dan mungkin akan ada miliaran komputer atau set-top box, tampaknya akan mengikuti bahwa peluang bahwa kita berada dalam realitas dasar adalah satu dari milyaran,” ujarnya.

(jps/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar