Duh! Ilmuwan Ungkap 3 Juta Masker Penutup Wajah Dibuang Setiap Menit

techopet.com – Penggunaan masker penutup wajah sangat penting di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), tapi dampak lingkungan yang mengejutkan dari masker penutup wajah sekali pakai mulai terlihat.

Tim ilmuwan dari Denmark mengungkapkan bahwa manusia membuang 129 miliar masker penutup wajah di seluruh dunia setiap bulannya.

Dengan kata lain, sebanyak 3 juta masker penutup wajah terbuang setiap menit.

Sebagian besar masker penutup wajah ini terbuat dari plastik dan sekali pakai. Jenis masker ini telah diproduksi massal dalam skala besar sejak dimulainya pandemi.

Para ahli dari University of Southern Denmark, belum bisa menyimpulkan apa pun karena data yang ada masih belum cukup, tetapi masker penutup wajah ini akan berdampak berbahaya bagi lingkungan.

Masker penutup wajah sekali pakai terbuat dari serat mikro plastik yang tidak dapat terurai secara hayati. Ketika rusak, bahan itu akan menjadi partikel mikro dan nano yang masuk ke ekosistem.

Ilustrasi Masker (Pexels/Anna)
Ilustrasi Masker (Pexels/Anna)

Pada akhirnya, partikel tersebut akan terbawa ke sungai, danau, dan lautan yang berdampak pada kehidupan laut.

Ketika terurai di lingkungan, jenis masker penutup wajah tersebut dapat melepaskan lebih banyak plastik berukuran mikro, dengan proses yang lebih mudah dan lebih cepat dari plastik curah seperti kantong plastik.

“Dengan meningkatnya laporan tentang pembuangan masker yang tidak tepat, sangat penting untuk mengenali potensi ancaman lingkungan ini dan mencegahnya menjadi masalah plastik berikutnya,” tulis para ilmuwan dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Frontiers of Environmental Science & Engineering.

Mengingat para ahli belum dapat menghitung dampak yang ditimbulkan oleh masker penutup wajah, tim ilmuwan belum dapat memberikan cara tepat untuk mengatasi polusi masker ini.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar