Dosen UNM Ajari Pemanfaatan Google Form Anggota PKK |TechOPet Online

Dosen UNM di program pengabdian masyarakat berbagi pelatihan penggunaan Google Form

TechOPet.com, JAKARTA – Dosen Universitas Nusa Mandiri  (UNM) sukses mengadakan pengabdian masyarakat kepada Ibu-ibu PKK Kebon Bawang, Kecamatan Tanjong Priok, Jakarta Utara. Bentuk kegiatan yang diberikan berupa pelatihan dengan mengusung tema ‘Pemanfaatan Google Form’ secara daring melalui zoom, Ahad (25/4). 

Adapun Dosen Program Studi (Prodi) Sistem Informasi yang bertugas pada pengabdian ini yaitu Desiana Nur Kholifah, Nurul Khasanah, Elly Firasari, Irwan Herliawan, Fattya Ariani, serta beberapa mahasiswa Universitas Nusa Mandiri yang turut terlibat. Desiana Nur Kholifah selaku ketua kelompok dari pengabdian masyarakat ini menyatakan bahwa ibu-ibu PKK dapat memanfaatkan google form untuk membuat suatu survey, memberikan kuis, atau mengumpulkan informasi secara cepat dan efisien terhadap masyarakat. 

“Pengurus PKK nantinya dapat memanfaatkan google form untuk media survey terhadap masyarakat dengan menghasilkan grafik yang mudah dibaca dari hasil survey tersebut. Rangkuman dari hasil kuisioner pun dapat dibaca dengan mudah yaitu dalam bentuk grafik,” ungkapnya dalam keterangan rilis, Selasa (27/4). 

Memang banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tanpa harus mengumpulkan dan datang ke tempat pendata., tapi google form menjadi pilihan kami untuk menjadi materi pengabdian ini karena mudah difahami dengan cepat. 

“Keuntungan menggunakan google form adalah efektif, efisien, interaktif serta meminimalkan penggunaan kertas. Pada kesempatan kali ini, Dosen-Dosen dari Universitas Nusa Mandiri memberikan pendampingan kepada Pengurus dan Anggota PKK di Kelurahan Kebon Bawang dalam penggunaan google form sebagai pendukung kegiatan/ program kerja yang ada di PKK tersebut,” imbuhnya. 

Santi Rahmaniawati sebagai ketua PKK Kebon Bawang menyampaikan bahwa, google form ini sangat membantu dalam menyelesaikan kegiatan atau program kerja kami terutama dalam hal melakukan survey. Dengan adanya google form kami tidak perlu lagi berkunjung dari rumah ke rumah yang banyak menghabiskan biaya dan waktu. Cukup dengan memberikan link kuisioner, kami bisa mendapatkan jawaban dengan cepat dan efisien dari pertanyaan yang kami berikan.

“Kami pengurus ibu PKK Kebon Bawang merasa terbantu dengan adanya pelatihan pemanfaatan google form ini. Kedepannya kami tidak perlu lagi door to door untuk mendapatkan data dari masyarakat. Cukup dengan membagikan link kuisioner melalui whatssap, kami langsung bisa mendapatkan jawaban dengan cepat dan efisien,” tutupnya. 

Bagikan

Tinggalkan komentar