Dosen Universitas BSI Latih Karang Taruna Indah Bukusu |TechOPet Online

Kegiatan ini sarana berbagi pengetahuan tentang penggunaan teknologi saat pandemi

TechOPet.com, JAKARTA–Pendemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat Indonesia masih berupaya untuk memutus rantai penyebaran virus ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pada sektor pendidikan, pandemi ini juga memberi dampak yang cukup besar.

Pemerintah melakukan sebuah upaya bagi seluruh lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun sayangnya kurangnya pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi untuk menunjang PJJ masih menjadi kendala.

Menyikapi hal tersebut, Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh Pada Karang Taruna Indah Nuansa Bukusu, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan secara daring. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (24/4) pukul 09.00-11.00 WIB melalui Zoom Meetings.

Elah Nurlelah selaku ketua pelaksana, dalam sambutannya menyebutkan jika pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas BSI kepada masyarakat. 

“Kegiatan ini bisa menjadi sarana berbagi pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menunjang kebutuhan pada masa pandemi covid-19 ini,” ujar Elah dalam sambutannya, Sabtu (24/4).

Dalam pelatihan ini, Ellya Verawati selaku dosen UBSI juga turut hadir sebagai tutor. Ellya menyebutkan bahwa Google Classroom tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh tenaga pendidik di sekolah atau di kampus saja.

“Google Classroom merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk banyak hal, tidak hanya di sekolah atau kampus. Google Classroom juga bisa digunakan oleh Karang Taruna sebagai sarana untuk memberikan pembelajaran terkait pengetahuan umum, keorganisasian, dan bisa digunakan untuk evaluasi anggota” jelas Ellya.

Google Classroom Bisa Diterapkan di Karang Taruna

Aplikasi Google Classroom sendiri merupakan salah satu layanan gratis dari Google serta mudah digunakan. Aplikasi ini membantu pendidik mengelola dan menilai kemajuan secara efisien, sekaligus meningkatkan hubungan dengan peserta didik dari sekolah, dari rumah, atau dari mana saja. Namun dalam hal ini, Dosen Universitas BSI memberikan gambaran lain tentang bagaimana teknologi ini bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh pendidik dan sekolah saja

Indah, Salah satu peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan bermanfaat ini. Selain mengisi waktu di bulan ramadan dengan kegiatan positif, tentunya mendapatkan pengetahuan baru juga tentang bagaimana Google Classroom digunakan di Karang Taruna.

“Terimakasih kepada Bapak dan Ibu Dosen dari Universitas BSI yang telah bersedia mengundang kami dalam acara yang bermanfaat ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus ada,” Ujar Indah usai kegiatan.

Sebagai ketua pelaksana, Elah berharap peserta tidak hanya menyerap ilmu pengetahuannya saja. Akan tetapi juga mampu menerapkan apa yang telah mereka dapat dalam pelatihan ini.

“Harapannya, setelah acara ini, peserta pelatihan ini dapat memanfaatkan Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh secara daring dengan lebih maksimal. Dan juga tidak hanya mendapatkan pengetahuan saja, tapi peserta juga bisa mendapatkan manfaat dalam menerapkan hasil pelatihan ini di Karang Taruna Indah Bukusu,” kata Elah.

 

 

 

Bagikan

Tinggalkan komentar