Dipimpin Bos Baru, NASA Bakal Serius Teliti UFO

Jakarta, TechOPet —

Pemimpin baru Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) Bill Nelson tengah menyiapkan cara mempelajari lebih lanjut benda terbang tak dikenal atau UFO pada bulan pertama ia menjabat.

Nelson yang juga mantan senator Florida dan veteran penerbangan luar angkasa itu mengatakan kepada TechOPet Business bahwa sampai saat ini belum jelas wujud sesungguhnya objek berkecepatan tinggi tersebut. 

Namun, Nelson menambahkan bahwa dia tidak percaya UFO adalah bukti makhluk luar angkasa yang mengunjungi Bumi.



“Saya akan tahu kalau itu alien. Tapi, terlalu dini untuk mengesampingkan kemungkinan itu,” kata Nelson.

Komentar Nelson senada laporan baru Pentagon yang akan dirilis akhir bulan ini mengenai UFO yang sempat tertangkap Angkatan Laut AS. Lima sumber yang mengetahui hasil penelitian itu mengatakan kepada TechOPet bahwa pejabat intelijen AS tidak menemukan bukti bahwa UFO adalah pesawat ruang angkasa asing.

Akan tetapi, para peneliti juga belum bisa memastikan tentang benda misterius tersebut

“Kami tidak tahu apakah itu makhluk luar angkasa. Kami tidak tahu apakah itu musuh. Kami tidak tahu apakah itu fenomena optik. Kami tidak berpikir ini adalah fenomena optik karena karakteristik yang dijelaskan oleh pilot jet Angkatan Laut itu. Intinya adalah kami ingin tahu,” ujar Nelson.

Sekretaris pers NASA Jackie McGuinness mengatakan Nelson hingga saat ini belum membentuk satuan tugas formal untuk mulai menyelidiki UFO. Namun, dia mengarahkan peneliti untuk bergerak dengan mengeksplorasi setiap pertanyaan. 

McGuinness mengakui bahwa penelitian UFO kerap kali dikaitkan secara negatif dengan teori konspirasi. 

“Sebenarnya tidak banyak data dan ilmuwan harus bebas mengikuti petunjuk ini, dan itu tidak boleh mendapat stigma. Ini adalah fenomena yang sangat menarik dan orang Amerika jelas tertarik, jadi jika para ilmuan ingin menyelidiki, mereka harus melakukannya,” kata McGuinness.

Keberadaan UFO telah lama menjadi daya tarik di Amerika Serikat dan negara lainnya.

New York Times pada 2017 juga pernah merilis laporan mengejutkan tentang beberapa insiden ketika pilot militer AS mengamati benda-benda misterius yang melesat dengan kecepatan tinggi.

Salah satu penampakan UFO paling terkenal tertangkap dalam dalam video 2004 yang dijuluki ‘Tic Tac’. Nama ini merujuk pada karena kemiripan UFO dengan permen pelega napas berbentuk silinder.

Video itu menunjukkan objek kecil hantu keluar dari bingkai, bertentangan hukum normal fisika seperti yang dikatakan pilot yang menangkap rekaman itu kepada New York Magazine pada 2019.

Kejadian lain tentang UFO juga tertangkap kamera jet tempur Super Hornet Angkatan Laut AS pada 2015 yang kemudian diterbitkan Times pada 2019.

Saat itu terlihat benda bulat aneh yang terbang langsung dengan kecepatan angin 120 mil per jam. Saat itu suara pilot terdengar sedang berteriak mengucapkan sumpah serapah sambil bertanya-tanya soal benda apa yang sedang mereka lihat sebelum objek itu berhenti, melayang, dan dengan menakutkan memiringkan diri ke depan.

Pejabat intelijen AS tidak memiliki bukti yang bisa mengonfirmasi bahwa UFO yang dilihat Angkatan Laut adalah pesawat luar angkasa asing.

Nelson mengatakan bahwa NASA tidak bekerja langsung dengan Pentagon terkait UFO, tetapi dia berjanji Pentagon akan mengetahui terobosan ilmuwan NASA dalam mengidentifikasi.

(TTF/vws)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar