Daftar Harga Kapal Selam Canggih Dunia Senilai Triliunan

Jakarta, TechOPet —

Warga ramai memberikan donasi untuk membantu pembelian kapal selam pengganti KRI Nanggala-402 yang tenggelam dan berhasil terkumpul Rp365 juta lebih dalam sehari.

Hal ini berdasarkan kegiatanpenggalangan danaMasjid Jogokariyan, Yogyakarta untuk membelikapal selampenggantiKRI Nanggala-402yang tenggelam beberapa hari lalu.

Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Ustaz M. Jazir mengatakan, kegiatan galang dana ini bertujuan untuk menggugah kepedulian masyarakat akan kelengkapan alutsista milikIndonesia sepeninggal KRI Nanggala-402 untuk selama-lamanya.

Sebelumnya, Pendakwah Ustaz Abdul Somad (UAS) menggalang donasi untuk membeli kapal selam pengganti KRINanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Donasi ia umumkan lewat akun Instagram @ustadzabdulsomad_official.



UAS menamai gerakan itu “Patungan Rakyat Indonesia untuk Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402”. Dalam pengumpulan dana, UAS bekerja sama dengan Masjid Jogokariyan Jogja.

Kapal selam merupakan salah satu alat utama sistem pertahanan yang sangat penting. Sejumlah negara rela merogoh kocek dalam jumlah yang fantastis untuk membangun atau membeli kapal selam.

Setiap kapal selam memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang membangunnya. Selain untuk perang, kapal selam milik militer digunakan untuk kepentingan patroli laut suatu negara.

1. Kelas Virginia (Rp36,2 triliun)

Kapal selam Kelas Virginia adalah kapal selam bertenaga nuklir multimisi siluman canggih untuk perang anti-kapal selam laut dalam dan operasi pesisir (perairan dangkal).

Kapal selam Kelas Virginia dibangun oleh kemitraan antara divisi Pembuatan Kapal Newport News Huntington Ingalls Industries dan General Dynamics Electric Boat. General Dynamics Electric Boat membangun kelas pertama, yakni Virginia (SSN 774) dan Northrop Grumman Newport News yang kedua, Texas (SSN 775).

Pada Desember 2019, Newport News dan Electric Boat menerima kontrak senilai US$22 miliar atau Rp318,8 triliun (kurs Rp14.494) untuk membangun sembilan kapal selam. Itu artinya, satu unit kapal selam Virginia-Class terbaru dibanderol dengan harga sekitar US$2,5 miliar atau Rp36,2 triliun.

Kapal selam serang Kelas Virginia dilengkapi dengan 12 tabung peluncuran rudal vertikal dan empat tabung torpedo 533 mm. Sistem peluncuran vertikal memiliki kapasitas untuk meluncurkan 16 rudal jelajah yang diluncurkan kapal selam Tomahawk (SLCM) dalam satu salvo, seperti dilaporkan Naval Technology

2. Kelas Seawolf (Rp79,6 triliun)

SSN Seawolf Class adalah kapal selam serangan cepat bertenaga nuklir. Kapal itu mampau mengankut 116 kru. Seawolf adalah produk dari Perang Dingin, dibuat untuk mempertahankan keunggulan akustik AS atas kapal selam Soviet.

Naval Technology menyebut kapal selam Kelas Seawolf pertama dibangun oleh Electric Boat Division of General Dynamics pada 1989. Sejak saat itu, kapal terus mengalami pengembangan hingga saat ini. Kapal salam itu memiliki kemampuan manuver yang lebih besar daripada kelas Los Angeles, ruang untuk peningkatan dan pengembangan senjata, dan peningkatan sonar.

Seawolf dapat mengelam hingga kedalaan 610 meter dan mampu bergerak dengan kecepatan hingga 35 knot. Seawolf tidak memiliki senjata eksternal. Namun, kapal selam ini dipersenjatai dengan rudal Tomahawk versi serangan darat dan anti-kapal dari Raytheon. Tomahawk memiliki jangkauan 2.500 km.

Melansir USNI, satu unit Kapal selam Kelas Seawolf menelan biaya hingga US$5,5 miliar atau Rp79,6 triliun.


Harga Kapal Selam Buatan Korea Selatan hingga Rusia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar