Daftar Harga, Fitur, dan Cara Download Windows 11

Jakarta, TechOPet —

Microsoft dilaporkan telah merilis generasi lanjutan sistem operasinya yakni Windows 11 dengan cara download yang baru tersedia bagi sebagian pengguna. 

Berikut informasi mengenai harga, fitur serta kapan sistem operasi itu akan tersedia.

Harga

Microsoft mengumumkan rencana bahwa Windows 11 akan tersedia gratis untuk semua pengguna Windows 10.



Namun, terdapat spesifikasi khusus dari perangkat PC dan laptop yang sudah Windows 10 agar bisa mendapat pembaruan Windows 11.

Microsoft mengatakan bahwa mereka berencana untuk mulai mengirimkan pembaruan Windows 11 baru musim gugur ini atau pada September hingga November mendatang.

Cara unduh

Microsoft akan mulai meluncurkan pratinjau Windows 11 pada 28 Juni pekan depan lewat Windows Insider Dev Channel.

Mulai 28 Juni 2021 mereka yang terdaftar di Windows Insider Dev Channel juga dapat mulai menguji Windows 11.

Sementara versi beta untuk publik bisa diunduh Juli. Nantinya sistem operasi ini bakal hadir ke semua PC yang kompatibel dan PC baru sekitar musim libur akhir tahun lewat pembaruan yang akan dikirim OTA (over the air) ke perangkat pengguna.

Dikutip Cnet, pembaruan ke Windows 11 juga bersifat opsional, artinya pengguna Windows 10 dapat tetap menggunakan Windows 10 hingga dukungan dihentikan pada tahun 2025.

Spesifikasi minimum Windows 11

PC dan laptop yang bisa melakukan upgrade ke Windows 11 mesti memenuhi persyaratan perangkat keras, dengan minimal CPU 64-bit, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

Ketentuan lain yang harus dipenuhi, perangkat harus mendukung TPM 2.0, DirectX 12, Touchpad yang presisi, dan sejumlah ketentuan lain.

Melansir The Verge, Microsoft juga dilaporkan telah menerbitkan daftar prosesor yang didukung yang dapat Anda gunakan dengan Windows.

Untuk melihat apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke Windows 11, disarankan untuk mengunjungi situs Windows 11 ini untuk mengunduh aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC. 

Fitur baru Windows 11

Windows 11 menyertakan sederet fitur dan perubahan baru yang membedakan dari Windows 10.

Windows 11 menyertakan banyak fitur baru, termasuk kemampuan untuk mengunduh dan menjalankan aplikasi Android di PC Windows.

Microsoft menambahkan sejumlah gerakan dan fitur baru yang dirancang untuk membuat Windows 11 terasa cepat dan lancar saat digunakan pada mode tablet.

Dari segi tampilan, Windows 11 menampilkan desain antarmuka pengguna (UI) yang lebih bersih dan sederhana. Microsoft juga menyematkan berbagai aplikasi mengobrol agar bisa langsung terpasang Taskbar. Terdapat juga integrasi untuk menggunakan iMessege Apple di Windows 11.

Melansir Windows Central, Microsoft mengintegrasikan Teams ke Windows 11 dengan cara lain, seperti dengan kemampuan untuk berbagi tampilan aplikasi ke dalam panggilan Teams langsung dari taskbar, serta menonaktifkan mikrofon Anda dari area System Tray.

Microsoft juga memperkenalkan panel “Widget” baru yang menampung fitur-fitur seperti To Do, Kalender, Foto, dan berita.
Microsoft berbicara tentang bagaimana Windows 11 dibuat untuk para gamer dengan fitur-fitur baru seperti Auto HDR, Direct Storage, dan DirectX 12 Ultimate.

Microsoft juga telah menambahkan Keyboard Sentuh baru dengan dukungan tema seperti SwiftKey, dan integrasi panel emoji baru dengan dukungan untuk gif.

Untuk pengguna pena, Pen Workspace telah diperbarui dengan UI baru dan kemampuan untuk menyematkan aplikasi apa pun ke bilah peluncuran cepat Pena.

Sekarang pengguna juga dapat mengatur fungsi yang bisa dilakukan ketika melakukan satu ketukan, dua kali ketuk, dan ketuk tahan pada Surface Pen.

Pengguna juga dapat membuka aplikasi atau fungsi pilihan apa pun, yang dibangun untuk terhubung langsung ke dalam Windows 11.

(can/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar