Ciri TV Bisa Tangkap Siaran Digital

Jakarta, TechOPet —

Tahap pertama penghentian siaran televisi (tv) analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan pada 17 Agustus 2021. Lima daerah akan dimatikan siaran analognya dan mulai migrasi penuh ke digital.

Ada dua opsi untuk mengakses siaran digital, melalui tv yang mendukung siaran digital atau menggunakan alat bantu set top box.

1. Bukan TV tabung

Ciri pertama adalah bukan televisi tabung berlayar cembung. Sebab, semua tv tabung adalah tv analog. Sehingga, untuk membuatnya bisa menerima siaran digital mesti dilengkapi dengan alat set top box tambahan.



2. Tidak semua tv layar datar adalah tv digital

Tidak semua tv layar datar adalah tv digital. Ciri tv layar datar yang sudah bisa menerima siaran digital adalah punya fitur pencarian siaran digital.

Biasanya hal ini bisa diketahui lewat fitur “tuning” yang memiliki opsi untuk mencari siaran televisi analog (ATV) atau digital (DTV).

Ciri pencarian saluran menggunakan fitur ATV, gambar yang diterima kurang jernih, yang sering disebut “bersemut”. Tapi pencarian dengan fitur DTV langsung memberikan gambar yang jernih. Pencarian siaran digital dengan fitur DTV bisa dilakukan secara otomatis atau manual.

Untuk tv layar datar LCD atau LED yang tidak mendukung siaran digital bisa menggunakan set top box tambahan.

3. Mendukung DVB-T2

Selain itu, tidak semua tv yang memiliki fitur pencarian siaran digital mendukung siaran digital di Indonesia. Sebab, siaran digital di Indonesia menggunakan standar DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation).

DVB-T2 merupakan alat untuk menerima siaran digital. Keterangan ini biasanya ada di bagian box atau tanyakan kepada penjual apakah tv tersebut sudah mendukung DVB-T2.


Cara Cek Sinyal Digital dan Tips Membeli Set Top Box

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar