China Akan Lakukan Pendaratan Penjelajah di Mars Besok

techopet.com – Misi Tianwen-1 milik China terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah Mars. Saat ini, pengorbit Tianwen-1 sudah tiba di orbit Mars sejak Februari lalu dan sekarang akan mendaratkan penjelajahnya.

Penjelajah yang diberi nama Zhurong tersebut akan diluncurkan ke permukaan Mars dan akan mengalami “tujuh menit teror” saat melakukan pendaratan.

Tujuh menit teror tersebut merupakan proses saat penjelajah menembus atmosfer Mars yang bisa menghancurkan penjelajah jika tidak cukup kuat.

Misi Tianwen-1 pertama kali diluncurkan pada Juli 2020. Ini adalah misi pertama China ke Mars dan pendaratan di Planet Merah ini adalah tugas yang sulit karena hanya segelintir negara yang berhasil mendaratkan robotnya di sana.

China masih bungkam tentang kapan pendaratan akan dimulai, namun laporan menunjukkan itu akan terjadi pada 14 Mei pukul 11:11 malam UTC atau sekitar pukul 6:11 pagi WIB pada 15 Mei.

Dilansir dari CNET pada Jumat (14/5/2021), pendaratan Zhurong akan terlihat sedikit berbeda dari pendaratan yang dilakukan oleh penjelajah Perseverance milik NASA.

Zhurong akan menggunakan serangkaian kamera dan lidar untuk menavigasi ke permukaan. Jika pendaratan berhasil, Zhurong akan mengerahkan tanjakan untuk meluncur ke permukaan dan memulai misi penjelajahannya.

China menargetkan zona pendaratan Zhurong di Utopia Planitia, wilayah yang sama ketika misi Viking 2 NASA mendarat pada 1976.

Zhurong akan menghabiskan 90 hari Mars selama misi tersebut. Jika semua berjalan sesuai rencana, Zhurong akan menganalisis komposisi bebatuan dan menyelidiki karakteristik bawah permukaan dengan radar penembus tanah.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar