Cara Sembunyikan Like di Instagram dan Facebook

Jakarta, TechOPet —

Facebook dan Instagram resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan ‘Like’ pada setiap unggahan penggunanya.

Perusahaan mengatakan fitur tersebut akan memungkinkan pengguna fokus pada foto dan video yang dibagikan, bukan pada berapa banyak kiriman yang disukai.

Perusahan telah menguji kemampuan pengguna untuk menyembunyikan like sejak 2019. Karena bersifat opsional, tidak jelas berapa banyak pengguna yang benar-benar akan menggunakan opsi itu.



Melansir TechOPet, setiap pengguna dapat memilih apakah orang-orang dapat melihat jumlah suka di kirimannya sendiri dan juga melihat berapa banyak orang yang menyukai kiriman pengguna lain. 

Perubahan ini dilakukan Instagram dan Facebook setelah mendapat tekanan dari para ahli bahwa jumlah like telah mengganggu kesehatan mental dan ketenangan anak muda. Hal ini diungkap berdasarkan studi dari Royal Society untuk Kesehatan Publik di Inggris.

Para ahli menyebut menyingkirkan tombol suka atau hitungan suka bisa mengurangi kecemasan dan tekanan sosial bagi sebagian pengguna Instagram dan Facebook.

“Kami mendengar dengan menghilangkan jumlah suka akan menguntungkan sejumlah pengguna dan mengganggu untuk pengguna lain…sehingga kami memberikan pilihan kepada pengguna,” jelas juru bicara Instagram seperti dikutip The Verge

Jika pengguna memilih untuk tidak membagikan jumlah suka publik pada postingan mereka, orang lain hanya dapat melihat daftar orang yang menyukai postingan tersebut, bukan jumlah sukanya.

Namun, pengguna rang yang memposting foto masih dapat melihat jumlah suka, meskipun tidak ditampilkan secara publik.

Kemudian, pengguna juga dapat memilih untuk tidak melihat berapa banyak orang yang menyukai posting orang lain saat mereka menggulir feed mereka. Fitur itu dapat diaktifkan dengan mengunjungi bagian ‘posting baru’ di pengaturan.

Meski Facebook dan Instagram menyebut fitur ini sudah meluncur global, namun saat dicoba fitur ini belum tersedia untuk pengguna Indonesia.

Cara untuk menyembunyikan fitur Likes di Instagram 

– Menyembunyikan jumlah suka pada semua posting:
Buka Pengaturan> Pengaturan Lanjutan> Sembunyikan Suka dan Lihat Jumlah
– Menyembunyikan jumlah suka hanya pada postingan yang baru diunggah:
Ketuk jumlah suka dan pilih Sembunyikan Jumlah Suka
– Menyembunyikan suka pada posting orang lain
Buka Pengaturan> Posting> Sembunyikan Suka dan Jumlah Tampilan

Untuk sembunyikan suka di Facebook

– Klik Pengaturan (Setting)
– Cari fitur Hitungan Reaksi (Reaction Counter)
– Pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan atau menghilangkan jumlah hitungan suka dari postingan orang lain dan diri sendiri.

(jps/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar