Cara Sembunyikan Jumlah Like di Facebook dan Instagram

techopet.com – Facebook dan Instagram resmi menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan jumlah like dari konten yang diunggah, dikutip dari The Verge, Kamis (27/5/2021).

Instagram akhirnya mengaktifkan fitur ini setelah bertahun-tahun melakukan pengujian dan tekanan dari para ahli untuk membuat perubahan pada platformnya.

Menurut riset yang dijalankan Royal Society for Public Health UK pada 2017, para ahli berpendapat bahwa menyembunyikan jumlah like atau menghilangkan opsi tombol like dapat membantu mengurangi kecemasan dan tekanan sosial, khususnya pengguna Facebook dan Instagram.

“Kami menguji fitur sembunyikan hitungan untuk melihat apakah hal itu dapat menurunkan tekanan ketika orang-orang menggunakan Instagram,” kata Juru Bicara Instagram.

“Apa yang kami dengar dari pengguna dan pakar adalah tidak melihat jumlah yang sama ternyata manfaat bagi sebagian orang sekaligus mengganggu sebagian lainnya. Sebab mereka yang menggunakan jumlah like ingin mengetahui apa yang sedang tren atau populer, jadi kami memberi anda pilihan,” tambahnya.

Sementara Facebook sendiri telah menguji fitur ini sejak September 2019.

Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]
Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Eksperimen ini dilakukan untuk melihat apakah perubahan tersebut akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Berikut cara menyembunyikan jumlah like di Instagram dan Facebook.

Instagram

  1. Buka Pengaturan di ikon strip tiga pada laman profil
  2. Klik Privasi
  3. Klik Postingan
  4. Pilih Sembunyikan Suka dan Jumlah Tayangan

Facebook

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar