Cara Rekam Telepon WhatsApp di Android dan iOS

Jakarta, TechOPet —

Melakukan panggilan suara di aplikasi WhatsApp dapat direkam untuk memudahkan jika tidak sempat untuk mencatat atau sulit untuk mengingat percakapan. Beberapa cara rekam telepon WhatsApp dapat dilakukan di Android dan iOS.

Terkadang pengguna kerap lupa akan percakapan yang dilakukan usai menelepon. Merekam percakapan menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan. Biasanya merekam percakapan dinilai penting untuk wawancara penelitian atau bagi para pemburu berita.

Meski merekam panggilan dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lain, saat ini pengguna Android dan iOS juga dapat merekam dengan menggunakan aplikasi yang disematkan pada perangkat Smartphone.



Aplikasi yang memiliki fitur perekaman telepon WhatsApp di Android dapat dilakukan dengan mengunduh di toko aplikasi Google Playstore yang bernama Google’s Recorder atau Cube Call Recorder.

Kedua aplikasi itu dapat diunduh gratis dan berguna untuk merekam panggilan. Cube Call Recorder mendukung perekaman otomatis panggilan masuk dan rekaman panggilan melalui berbagai aplikasi.

Cube Call Recorder mengklaim dapat merekam panggilan telepon, Signal,Skype , Skype Lite, Viber, WhatsApp, Hangouts, Facebook, IMO, WeChat, KAKAO, LINE, Slack dan Telegram.

Berikut cara merekam telepon WhatsApp di Android:

– Instal aplikasi Cube Call Recorder di ponsel yang terdapat WhatsApp.

– Buka Cube Call Recorder lalu alihkan ke WhatsApp.

– Panggil orang yang ingin Anda ajak bicara.

– Pastikan audio panggilan berasal dari speaker yang memiliki suara lantang.

– Setelah diaktifkan, widget panggilan akan menyala setelah diaktifkan dan digunakan. Pengguna dapat memilih panggilan Force VoIP sebagai panggilan suara.

– Ulangi langkah-langkahnya, dan jika widget tidak menyala, itu tidak akan berfungsi pada perangkat Anda.

Selanjutnya pada pengguna iOS. Apple tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses mikrofon dan aplikasi telepon secara bersamaan, akibatnya fitur rekam layar dan merekam memo suara di iPhone Anda tidak dapat digunakan.

Solusi untuk merekam panggilan WhatsApp yakni dengan cara merekam menggunakan perangkat lain sambil mengaktifkan ‘loudspeeker’.

Berikut cara merekam panggilan WhatsApp menggunakan iOS Apple, seperti dikutip India Today.

– Sambungkan ponsel dengan perangkat Mac menggunakan kabel data.

– Setelah disambungkan, pilih kolom ‘Percayai komputer ini’

– Buka QuickTime di Mac.

– Buka File dan pilih Rekaman Audio Baru.

– Buka QuickTime, pilih panah yang mengarah ke bawah di samping tombol rekam.


Merekam Panggilan WhatsApp Menggunakan iOS Apple

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar