Cara Periksa Smartphone Sedang Dimata-matai

Jakarta, TechOPet —

Studi dari NordVPN, ada peningkatan sebanyak lima persen aplikasi pemantau yang dipasang pada perangkat smartphone tahun 2020.

Namun beberapa pengguna saat ini curiga bahwa smartphone yang dimiliki sedang dimata-matai, meskipun tidak memasang aplikasi pemantauan apa pun di perangkatnya.

Penggunaan asisten suara seperti Siri, Google Assistant dan Alexa dianggap dapat mendengarkan percakapan pengguna smartphone sepanjang waktu. Hal ini karena mereka perlu terus mendengarkan agar dapat mendeteksi perintah suara untuk membantu pengguna.



Pakar privasi digital di NordVPN, Daniel Markuson menjelaskan bagaimana asisten virtual berfungsi dengan cara yang mirip dengan mesin pencari untuk pemasang iklan.

Ia mengatakan saat pengguna meminta Google Assistant atau Siri untuk mencari sesuatu, informasi tersebut akan digunakan oleh pengisi iklan digital.

“Ini tidak berbeda dengan mengetik sesuatu ke mesin pencari Google. Jika Anda mencari dealer mobil di kota Anda, iklan terkait akan mulai mengejar Anda,” ujar Daniel Markuson dikutip Tech Radar.

Cara memeriksa ponsel dimata-matai 

Markuson menjelaskan bagaimana cara menguji apakah ponsel memata-matai Anda. Cara terbaik untuk menguji apakah ponsel cerdas Anda membantu pengiklan online, yakni dengan memasang jebakan.

Jebakan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni pengguna dapat memilih topik yang tidak dapat dikaitkan dengan keseharian dan yang biasanya tidak akan pernah dibicarakan. Dari sini Anda harus mengingat topik tersebut.

Selanjutnya, Anda harus membuat daftar kata kunci yang dapat memicu mesin telusur. Selain itu untuk mengetahuinya juga bisa membahas satu topik secara verbal dengan lantang oleh Anda sendiri maupun bersama dengan teman Anda.

Lakukan beberapa hari berturut-turut, dan pastikan Anda tidak membicarakan atau mencari topik lain di ponsel tersebut.

Sekarang jebakan telah dibuat, Anda akan segera mengetahui apakah ada iklan baru yang tampil di beberapa media sosial atau situs yang sering Anda kunjungi.

Untuk menghindari pelacakan yang tidak diinginkan oleh ponsel cerdas, Markuson menyarankan agar pengguna melihat izin aplikasi merekam dan mematikan fitur perekaman audio.

Dikutip 9 News, sangat mudah untuk memeriksa aplikasi mana yang memiliki akses ke mikrofon atau kamera ponsel. Caranya yakni dengan buka pengaturan> ketuk privasi atau kamera> dan Anda dapat melihat aplikasi mana yang memiliki akses tersebut.

Anda dapat menonaktifkan akses tersebut untuk menghentikan ponsel mendengarkan percakapan Anda. Sebagai langkah terakhir, Anda dapat memasang VPN di ponsel cerdas Anda untuk lebih melindungi privasi online Anda.

(can/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar