Cara Pakai Fitur Baru Whatsapp Foto-Video Hilang Usai Dilihat

Jakarta, TechOPet —

Aplikasi pesan instan WhatsApp telah meluncurkan fitur View Once bagi para pengguna beta dan belum tersedia untuk seluruh pengguna.

Fitur ini dapat mengirim foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali dan akan hilang setelah dilihat. Meski baru tersedia untuk pengguna beta, namun penerima pesan tak harus menjadi pengguna beta juga untuk bisa menerima pesan sekali lihat itu.

Fitur baru ini baru bisa digunakan pada pesan perorangan dan belum bisa digunakan pada pesan grup.



Berikut cara untuk menggunakan fitur baru Whatsapp pesan foto dan video hilang usai dilihat.

1. Pilih foto atau video yang akan dikirim
2. Klik tombol angka 1 dengan lingkaran di sebelah kiri tombol kirim untuk mengaktifkan fitur hilang setelah dilihat. Klik lagi untuk menonaktifkan fitur tersebut.
3. Jika fitur foto-video terhapus usai dilihat diaktifkan, foto atau video itu tidak akan langsung menampilkan gambar. Alih-alih penerima akan mendapat notifikasi dengan keterangan “photo” atau “video” dengan angka 1.
4. Jika penerima telah membuka pesan, maka keterangan notifikasi foto dan video akan berubah menjadi “opened” (sudah dibuka).

Fitur ini pertama kali diungkapkan oleh salah satu pendiri Facebook Mark Zuckerberg dalam obrolan grup “tak terduga” dengan WABetaInfo.

Fitur View Once merupakan fitur baru yang membuat foto dan video kirim pengguna akan hilang setelah dilihat. Fitur ini pertama kali dikembangkan Snapchat yang membuat file akan kadaluarsa usai dilihat pengguna lain.

Jika mengetuk fitur info pada pesan yang dikirim, pengguna bisa melihat kapan penerima pesan menerima dan melihat pesan. Namun, jika penerima tidak mengaktifkan centang biru tanda pesan sudah dibaca, pengirim hanya bisa melihat apakah pesan foto atau video itu sudah dibuka atau belum.

Perlu dicatat bahwa penerima masih dapat menyimpan foto atau video dengan mengambil tangkapan layar atau merekamnya menggunakan perangkat lain.

Dikutip Android Central, fitur itu sekarang tersedia untuk versi beta di Android. Dalam beberapa minggu mendatang, fitur ini juga diharapkan akan masuk ke saluran beta di iOS. 

Sebelumnya WhatsApp telah meluncurkan pesan menghilang pada November 2020. Pesan itu dapat menghilang tujuh hari sejak dikirim.

Dikutip India Today, View Once adalah perpanjangan dari fitur pesan menghilang yang diluncurkan WhatsApp tahun lalu. 

Saat ini, fitur tersebut hanya dapat diaktifkan untuk ruang obrolan individual. Namun, dalam waktu dekat, WhatsApp dikabarkan akan mengaktifkan fitur pesan hilang di semua ruang obrolan.

Ketika dalam obrolan individu, salah satu pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang. Tetapi dalam obrolan grup, hanya admin grup yang dapat mengatur fitur pesan yang hilang.

CEO perusahaan induk Facebook Mark Zuckerberg baru-baru ini berbicara tentang mode menghilang untuk WhatsApp. Namun, fitur yang diluncurkan ini lebih disebut lebih mirip Snapchat yang menghilang segera setelah dilihat.

WhatsApp dijadwalkan segera meluncurkan fitur lain seperti dukungan log in multi-perangkat dengan enkripsi ujung ke ujung. Fitur ini memungkinkan pengguna masuk ke satu akun WhatsApp menggunakan beberapa perangkat secara bersamaan.

(can/eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar