Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Pada masa ini, PC dan laptop menjadi barang yang penting dalam menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas kuliah ataupun pekerjaan lainnya. Terutama laptop, yang dinilai lebih praktis, karena bisa dibawa kemana saja. Meskipun demikian, ada kalanya, laptop yang digunakan tersebut tidak bisa connect wifi. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi.

Meskipun laptop bisa digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada kalanya juga, Anda memerlukan koneksi internet untuk memudahkan pekerjaan Anda tersebut. Maka dari itu, koneksi internet ini, sama pentingnya dengan laptop yang Anda gunakan.

Karena tanpa disadari, laptop yang terhubung dengan wifi, merupakan hal yang paling Anda butuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas kuliah, ataupun yang lainnya. Namun bagaimana jika laptop yang Anda gunakan tersebut tidak bisa connect wifi? hal ini tentunya menjadi masalah yang besar, bukan?

1. Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

Sebelum Anda mencari tahu mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Maka ada baiknya, Anda mengenali dahulu penyebab mengapa laptop Anda tiba-tiba tidak bisa terhubung terhadap wifi. Baru kemudian, mencari solusi yang terbaik untuk mengatasinya.

Pada umumnya, laptop tidak bisa connect wifi, karena beberapa alasan. Diantaranya:

1.1. Keliru Mengetikkan Password

Penyebab pertama, mengapa laptop tiba-tiba tidak bisa connect wifi karena keliru dalam mengetikkan password. Langkah pertama dalam menautkan laptop dengan wifi adalah dengan mengetikkan password. Ada kemungkinan penyebab laptop tidak bisa connect wifi ini, karena Anda salah dalam mengetikkan password.

1.2. Salah Memasukkan SSID

Selain kesalahan dalam mengetikkan password. Penyebab lainnya bisa saja dikarenakan Anda salah dalam memasukkan SSID pada laptop, yang terhubung ke router. Karena sebagaimana diketahui, password dan SSID merupakan satu kesatuan, untuk menghubungkan laptop ke wifi.

1.3. Kesalahan Pada Driver Network

Kesalahan pada driver network bisa juga menjadi penyebab laptop tidak bisa connect wifi. Untuk memastikan hal ini, ada baiknya Anda memeriksa driver network pada router internet Anda. Baru kemudian, mencari tahu mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi, yang disebabkan pada kesalahan driver network ini.

Nah, jika Anda sudah mengetahui penyebab mengapa laptop yang Anda miliki tersebut, tiba-tiba tidak bisa terhubung dengan wifi. Maka, tentunya Anda bisa dengan mudah mencari tahu cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Untuk pembahasan berikutnya,akan dijelaskan mengenai hal ini.

1.4. Adanya Limited Access

Laptop yang tidak bisa tersambung dengan wifi juga bisa disebabkan adanya limited access. Artinya, laptop Anda mengalami masalah, seperti:

  • Laptop berada di tempat yang jauh dari access point
  • Masa berlaku IP address sudah melebihi batas, ataupun
  • Karena laptop Anda telah memiliki cache data wifi yang terlalu banyak.

2. Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Yang Bisa Anda Coba

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya Anda tinggal mencari cara bagaimana mengatasi masalah tersebut. Di bawah ini, akan dijelaskan mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Diantaranya:

2.1.Mengetik Ulang SSID dan Password Dengan Benar

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi yang pertama yaitu dengan mengetik ulang SSID dan password. Pastikan Anda mengetik dengan benar, agar laptop bisa segera connect dengan wifi. Sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan menggunakan laptop berikut koneksi internet yang diperoleh dari wifi.

Namun jika ternyata,Anda sudah mengetik ulang SSID serta password dengan benar, namun laptop tetap tidak bisa terhubung dengan wifi. Maka cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  • Klik tombol start pada router.
  • Lanjutkan dengan mengklik tombol control panel, kemudian tombol network and internet.
  • Jika tombol network and internet telah Anda klik. Maka selanjutnya, Anda tinggal mengklik tombol network and sharing center, kemudian dilanjutkan dengan mengklik change adapter setting.
  • Setelah tombol tersebut telah Anda klik. Maka pilihlah menu wireless connection,lalu klik kanan. Dan pilih opsi properties.
  • Dari opsi properties tadi, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Namun Anda bisa memilih tab networking.
  • Selanjutnya, pilih tab internet protocol version 4.
  • Lanjutkan dengan tab obtain IP address automatically.
  • Selanjutnya cari menu obtain DNS server address automatically.
  • Langkah terakhir, yaitu Anda tinggal klik menu Ok.

2.2. Memeriksa Driver Network

Jika ternyata, penyebab dari laptop tidak bisa connect wifi ini bukan karena kesalahan dalam memasukkan SSID dan password. Maka, mungkin saja, kesalahan terjadi pada driver network. Untuk memastikannya, tentunya dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Dan jika benar, penyebabnya tak lain karena kesalahan pada driver network. Maka, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

  • Buka start menu pada laptop Anda. Kemudian cari menu my computer/computer/this PC, dan klik kanan.
  • Selanjutnya Anda akan melihat beberapa tampilan menu. Pilihlah menu manage.
  • Jika menu tersebut telah Anda klik, Anda bisa melanjutkan dengan mengklik menu device manager.
  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mencari menu network adapter.
  • Jika memang laptop Anda tidak bisa connect wifi karena kesalahan pada driver network. Maka Anda akan melihat lampu berwarna kuning pada network adapter.
  • Jika demikian adanya, Anda tinggal mencari hardware wifi. Letaknya tepat berada di bawah network adapter, kemudian klik kanan, dan pilih menu uninstall, pada hardware wifi tersebut.
  • Cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu klik kanan hardware wifi.
  • Kemudian pilih scan for hardware changes.
  • Selanjutnya Anda tinggal menutup menu device manager. Maka secara otomatis, laptop Anda bisa segera tersambung dengan wifi.

2.3. Menghapus Data Cache Wifi Pada Laptop

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan wifi yaitu dengan menghapus data cache wifi pada laptop. Adapun caranya yaitu:

  • Buka start menu.
  • Cari menu control panel, kemudian klik.
  • Dari menu tersebut, Anda akan melihat beberapa tampilan menu. Anda bisa memilih menu network and internet, kemudian klik menu tersebut.
  • Selanjutnya pilih menu network and sharing center.
  • Dalam menu tersebut, Anda akan melihat informasi mengenai basic network information and set up a connection. Anda cukup mengklik tombol tanda kutip (“).
  • Selanjutnya Anda akan dialihkan ke jendela manage wireless network. Disini, Anda akan melihat beberapa cache data wifi yang pernah anda gunakan.
  • Cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengklik cache data wifi yang akan Anda hapus. Kemudian klik cathe data wifi tersebut. Dilanjutkan dengan mengklik tombol remove.
  • Maka secara otomatis, cache data wifi pada laptop Anda akan terhapus. Dan laptop Anda bisa segera terkoneksi dengan wifi.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi yang bisa Anda coba. Namun pastikan dahulu, apa penyebabnya, baru kemudian Anda mencari solusi bagaimana mengatasinya. Setidaknya agar memudahkan Anda, dalam menentukan cara apa yang bisa Anda lakukan, untuk menuntaskan masalah tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar