Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Terbaca

Jakarta, TechOPet —

Cara mengetahui kartu SIM ponsel tidak terbaca dinilai patut untuk diketahui oleh sebagian besar pengguna Smartphone. Hal ini bisa menimpa siapa saja, baik pengguna ponsel Android maupun iOS.

Sederet kemungkinan bisa terjadi yang menyebabkan kartu SIM pada ponsel tidak terbaca. Ini menyebabkan kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang terdekat, hingga kesulitan mengakses jaringan internet.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kartu SIM tidak bisa terbaca. Bisa saja karena kartu SIM yang Anda gunakan sudah terlalu lama, atau kuningan pada kartu SIM sudah rusak.



Berikut beberapa cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di ponsel iOS atau Android yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Buka dan bersihkan kartu SIM

Disarankan kepada pengguna smartphone untuk membuka slot kartu SIM dan membersihkan kuningan yang berada pada kartu SIM. Biasanya jika terlalu lama tidak dibersihkan, maka terdapat debu di lempengan kuningan kartu SIM.

Cara membersihkan yakni dengan mengambil kain atau tisu kering dan menggosokkannya secara perlahan ke lapisan kuningan yang berada di badan kartu sim.

Jika sudah dibersihkan, maka Anda dapat mencoba kembali kartu SIM tersebut pada ponsel Anda.

2. Atur kembali jaringan

Apabila kartu SIM tidak terbaca, maka disarankan untuk memindahkan kartu sim ke slot yang lainnya.

Jika ponsel Anda dilengkapi dengan dua slot kartu SIM, maka segeralah pindahkan kartu SIM tersebut.

Setelah memindahkanya, disarankan untuk atur ulang jaringan yang ada di gawai Anda. Anda dapat memindahkan jaringan melalui kolom Setting-Network dan Internet- Mobile Network. Setelah itu Anda dapat mengatur APN sesuai dengan jaringan dan operator yang digunakan.

3. Coba di ponsel lain

Jika kedua cara di atas dirasa tidak optimal, maka disarankan untuk mencoba kartu SIM pada ponsel lain. Hal ini untuk memastikan apakah kartu SIM Anda yang rusak, atau konektivitas pada ponsel Anda yang rusak.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca ini dianggap menjadi salah satu yang paling mudah dilakukan untuk menelusuri sumber kerusakan pada masalah tersebut.


4. Perbarui iOS dan periksa pembaruan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar