Cara Mengaktifkan Notifikasi WhatsApp di Apple Watch

Jakarta, TechOPet —

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang bisa dihubungkan ke berbagai platform termasuk smartwatch seperti Apple Watch.

Menghubungkan WhatsApp ke Apple Watch dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Apple Watch akan memberikan notifikasi saat ada pesan atau panggilan yang masuk ke WhatsApp Anda.

Alhasil, Anda tak perlu membuka atau melihat ponsel untuk mengetahui pesan yang masuk ke WhatsApp. Tersedia juga opsi pilihan membalas pesan yang sederhana sehingga semakin memudahkan Anda.



Untuk mendapatkan fitur ini, Anda harus mengaktifkan notifikasi WhatsApp di Apple Wacth. Pastikan Anda sudah menghubungkan terlebih dulu akses Apple Watch ke iPhone dengan bantuan aplikasi bawaan yaitu Watch.

Setelah itu, Anda bisa mengaktifkan notifikasi WhatsApp di Apple Watch.

Berikut cara notifikasi WhatsApp di Apple Watch:

Iphone 6 dan Apple WatchCara notifikasi WhatsApp di Apple Watch dapat dilakukan dengan masuk melalui pengaturan iPhone. (Foto: TechOPet/Susetyo Dwi Prihadi)

1. Aktifkan notifikasi WhatsApp pada iPhone

  • Buka pengaturan (settings)
  • Pilih notifikasi (notification)
  • Gulir ke bawah dan pilih aplikasi WhatsApp
  • Izinkan notifikasi (allow notification) geser sampai warnanya hijau

2. Lalu aktifkan notifikasi WhatsApp pada Apple Watch

  • Buka aplikasi Apple Watch pada iPhone
  • Pilih notifikasi (notification)
  • Gulir ke bawah dan pilih aplikasi WhatsApp
  • Izinkan notifikasi (allow notification) geser sampai warnanya hijau

3. Notifikasi WhatsApp di Apple Watch telah aktif.

Setelah mengikuti cara notifikasi WhatsApp di Apple Watch, otomatis semua pemberitahuan WhatsApp akan muncul ke smartwatch yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Notifikasi yang Tidak Muncul

Ilustrasi Apple WatchJika notifikasi WhatsApp tidak muncul di Apple Watch, Anda bisa mengatur kembali setelah di Apple Watch maupun iPhone. (Foto: fancycrave1/Pixabay)

Satu dan lain hal dapat membuat notifikasi WhatsApp tidak muncul di Apple Watch. Notifikasi yang tidak muncul tersebut terjadi karena beberapa faktor, seperti izin aktivasi yang masih off atau sambungan perangkat dari iPhone ke Apple Watch yang terputus.

Selain itu, kondisi iPhone dalam pengaturan mode pesawat (airplane mode) atau jangan diganggu (do not disturb), juga dapat memblokir akses notifikasi sehingga tidak muncul di smartwatch.

Agar notifikasi WhatsApp tetap muncul di Apple Watch, Anda dapat melakukan penyetelan ulang. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Geser Pusat Control (Control Center) pada Apple Watch.
  2. Periksa ikon mode pesawat, apabila berwarna merah tandanya koneksi ke iPhone terputus yang menyebabkan notifikasi tidak muncul.
  3. Periksa juga ikon jangan diganggu (half-moon atau bulan setengah lingkaran), apabila menyala segera ketuk untuk dimatikan. Dengan begitu notifikasi bisa kembali muncul.

Selain WhatsApp, aplikasi lain seperti Instagram, musik, reminders, maps juga bisa dihubungkan ke Apple Watch.

Itulah beberapa cara notifikasi WhatsApp di Apple Watch dan tips menangani masalah pemberitahuan ketika tidak muncul yang bisa Anda coba.

(avd/ptj)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar