Cara Menambahkan GIF di WhatsApp Agar Chatting Makin Seru

Jakarta, TechOPet —

Layanan pesan instan WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim Graphics Interchange Format (Format Pertukaran Grafis) atau GIF kepada pengguna lain.

GIF adalah format gambar bitmap yang menghasilkan animasi sederhana. Saat ini, GIF menjadi cara baru untuk mengekspresikan diri dalam obrolan di media online.

Format GIF memungkinkan pengguna mengirim pesan berupa video pendek berulang dengan konten yang unik dan menarik. WhatsApp menyediakan banyak GIF yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna.



Anda juga dapat menyimpan GIF yang dikirim oleh pengguna lain untuk digunakan di lain waktu.

Berikut cara menambahkan GIF di WhatsApp

Tangkapan Layar Cara Mengirim GIF di WhatsApp untuk Ponsel AndroidCara menambahkan GIF di WhatsApp dapat dilakukan  dengan menggunakan fitur favorit. (Foto: Tangkapan Layar Aplikasi WhatsApp)

Cara menambahkan GIF di WhatsApp Anda dapat dilakukan dengan menjadikan GIF yang dikirim pengguna lain kepada Anda sebagai favorit.

GIF yang sudah diberi label favorit akan muncul di keyboard Anda saat mengetik pesan kepada orang lain. Anda akan lebih mudah mencari GIF tersebut. Berikut caranya:

  1. Cari GIF yang ingin Anda jadikan Favorit, misalnya dari GIF yang dikirimkan pengguna lain dengan membuka pesan tersebut.
  2. Ketuk dan tahan GIF tersebut lalu pilih opsi Tambah ke Favorit.

Selain menambahkan GIF ke favorit, Anda juga bisa membuat GIF sendiri dan menambahkannya ke aplikasi WhatsApp untuk digunakan bersama pengguna lain.

Anda dapat membuat GIF sendiri menggunakan video dari galeri. Membuat GIF ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan atau pihak ketiga sehingga aman untuk dilakukan.

Berikut cara membuat GIF sendiri

Young woman using her mobile phone on the street, sending messages or taking pictures . Copy spaceSelain menambahkan GIF di WhatsApp, pengguna juga bisa membuat GIF sendiri. (Foto: Istockphoto/Warchi)
  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Cari pengguna yang akan Anda kirimi GIF.
  3. Ketuk ikon paper clip pada kolom tulis pesan.
  4. Pilih opsi Galeri.
  5. Pilih video yang ingin Anda jadikan GIF dari galeri Anda.
  6. Setelah video muncul, geser dua titik putih pada timeline video. Pilih memen dari durasi video yang akan dijadikan GIF. Durasi GIF biasanya amat singkat, potong video sesingkat mungkin.
  7. Setelah itu ketuk opsi GIF yang berada di bawah timeline video.
  8. Anda bisa menambahkan tulisan atau emoji pada GIF yang Anda buat dengan mengetuk ikon ‘T’ untuk Teks dan Emoticon untuk menambahkan ikon.
  9. Setelah itu ketuk enter atau ikon berbentuk pesawat kertas putih di kanan bawah.
  10. GIF akan terkirim kepada pengguna lain.

Itulah cara menambahkan GIF di WhatsApp dan membuat GIF sendiri. Pilih GIF yang menarik agar chatting semakin seru.

(imb/ptj)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar