Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Kehilangan iPhone bisa jadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Namun berkat fitur Find my iPhone yang dimiliki oleh perangkat ini, Anda masih memiliki kesempatan untuk menemukan kembali smartphone tersebut. Bagaimana cara melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati?

Kali ini tutorial iOS iPhone lengkap akan mengulas secara detail mengenai fitur find my iPhone serta cara menggunakannya untuk melacak iPhone meskipun dalam keadaan mati. Jangan lewatkan informasi penting berikut untuk berjaga-jaga jika suatu saat Anda mengalami kejadian serupa.

1. Apa Itu Fitur Find My iPhone?

Find my iPhone merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk melacak perangkat iPhone yang hilang. Dengan fitur ini, Anda bisa melacak titik terakhir keberadaan perangkat melalui lokasi yang ditampilkan. Untuk menggunakan fitur ini, dibutuhkan perangkat lain seperti komputer atau iPhone lain.

Fitur ini terbukti efektif untuk membantu menemukan kembali iPhone yang hilang. Selain itu, adanya layanan ini juga membuat pelaku kejahatan berpikir dua kali sebelum melakukan aksi pencurian terhadap ponsel iPhone.

Selain melacak keberadaan ponsel, fitur Find my iPhone juga memudahkan Anda untuk mengunci perangkat dari jarak jauh sehingga pencuri tidak dapat menggunakan perangkat tersebut. Perangkat yang sudah terkunci hanya bisa dibuka menggunakan password iCloud.

Demi memastikan keamanan data yang tersimpan pada iPhone, Anda juga bisa menghapus perangkat agar orang lain tidak bisa mengakses data tersebut. Semua informasi akan terhapus, tapi Anda juga tidak lagi dapat melacak keberadaan smartphone tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencadangkan data dan informasi penting dari iPhone. Pelajari cara backup data iPhone agar Anda tidak rugi dua kali lipat jika ponsel hilang dan data harus dihapus untuk alasan keamanan.

2. Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Fitur Find my iPhone hanya dapat digunakan jika Anda telah mengaktifkan layanan tersebut. Tanpa mengaktifkannya terlebih dahulu, maka akan sulit untuk melacak keberadaan ponsel apabila hilang atau dicuri.

Sesuai dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan, ada baiknya untuk mengaktifkan Find my iPhone segera setelah Anda memiliki iPhone. Langkah ini bertujuan untuk memberikan perlindungan optimal jika terjadi hal yang tidak diharapkan.

Beruntung, cara mengaktifkan Find my iPhone relatif mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Settings.
  • Tap ID Apple Anda. Bagian ini biasanya ditampilkan dengan nama dan foto Anda (jika sudah diunggah).
  • Masuk ke ID Apple jika diperlukan. Caranya adalah dengan mengetuk opsi Sign in to kemudian masukkan ID Apple serta password. Ketuk Sign in.
  • Pilih opsi iCloud.
  • Scroll ke bawah lalu temukan Find My iPhone
  • Ketuk tombol geser di samping Find My iPhone untuk mengaktifkan fitur ini. Jika aktif, maka tombol akan berwarna hijau.
  • Selanjutnya ketuk tombol di samping Send Last Location. Dengan ini perangkat akan mengirimkan lokasi terakhir sebelum mati karena daya lemah atau dimatikan.

Saat ini fitur pencarian iPhone telah aktif. Jika suatu saat Anda lupa dimana menaruh iPhone atau ponsel dicuri oleh orang lain, akses layanan ini untuk melacak keberadaannya. Dengan menggunakan perangkat lain, Anda bisa menemukan ponsel melalui peta yang ditampilkan.

3. Cara Melacak iPhone dengan Find My iPhone

Ponsel yang hilang dalam keadaan menyala dan terhubung dengan jaringan internet cukup mudah untuk dilacak. Layanan tracker akan mengirimkan lokasi keberadaan ponsel dan Anda juga bisa mengendalikan perangkat dari jarak jauh.

Namun bagaimana jika ponsel dalam keadaan mati? Cara melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati memang lebih rumit, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk melacak iPhone yang hilang meskipun offline atau bahkan mati total.

  • Melalui komputer atau iPhone lain, masuk ke website iCloud.
  • Login menggunakan ID Apple yang digunakan di ponsel Anda.
  • Klik opsi Find my iPhone untuk membuka fitur tersebut.
  • Jika Anda melihat status iPhone offline, kemungkinan perangkat tidak terhubung dengan jaringan internet atau mati total.
  • Dalam kondisi ini, ponsel tidak bisa dilacak. Yang bisa dilakukan adalah menunggu hingga ponsel tersebut menyala kembali.
  • Tanpa harus menunggu seharian di depan komputer, Anda bisa mengaktifkan perintah agar sistem mengirimkan notifikasi melalui email jika iPhone sudah menyala dan kembali online.
  • Notifikasi email tersebut biasanya juga berisi lokasi keberadaan ponsel. Dengan begitu, Anda bisa melacak dan menemukan kembali perangkat yang hilang.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati. Karena fitur Find my iPhone tidak berfungsi ketika perangkat tidak menyala, maka Anda harus menunggu sampai ponsel tersebut dinyalakan kembali.

4. Alternatif Cara Menggunakan Find My iPhone

Selain melacak ponsel dengan melihat di peta, masih ada beberapa cara lain untuk menemukan iPhone yang hilang. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika ponsel dalam keadaan menyala.

Mulai dari memutar bunyi hingga menghapus perangkat, berikut ini beberapa alternatif untuk menggunakan fitur Find my iPhone.

4.1. Memutar Bunyi

Memutar suara merupakan cara paling efektif untuk menemukan iPhone yang hilang, terutama jika diyakini ponsel tersebut berada tidak jauh dari Anda. Dengan memutar suara yang bising, keberadaan perangkat bisa ditemukan dengan mudah.

Inilah cara untuk memutar suara dari iPhone:

  • Buka Find my iPhone melalui perangkat lain.
  • Ketuk tab Perangkat, kemudian pilih perangkat yang ingin dicari.
  • Pilih opsi Putar Bunyi. Jika ponsel sedang online, maka perangkat akan mengeluarkan bunyi yang keras.

Sayangnya metode ini tidak bisa dilakukan jika ponsel dalam keadaan offline. Apabila sedang offline, perangkat akan memutar bunyi ketika sudah terhubung ke jaringan.

4.2. Tandai sebagai Hilang

Ketika perangkat ditandai sebagai hilang, iPhone akan terkunci dari jauh sehingga informasi di dalamnya tidak dapat diakses oleh orang lain. Berikut ini cara menandai perangkat sebagai hilang:

  • Buka Find my iPhone kemudian pilih perangkat yang hilang.
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi Tandai sebagai Hilang. Pilih Aktifkan.
  • Ikuti instruksi yang tertera pada layar.
  • Pilih Aktifkan.

Anda juga bisa memasukkan pesan khusus agar dapat dibaca oleh orang yang menemukan ponsel tersebut. Jika iPhone berhasil dikembalikan namun ternyata mengalami kerusakan, Anda bisa menghubungi alamat service iPhone di Indonesia yang paling mudah dijangkau.

4.3. Hapus Perangkat

Jika sudah tidak ada harapan untuk menemukan iPhone kembali, Anda bisa memilih untuk menghapus perangkat. Seluruh data pada perangkat yang dihapus akan hilang sehingga informasi penting Anda akan terjamin keamanannya. Sayangnya hal ini juga membuat perangkat tidak bisa dilacak.

Ikuti langkah berikut untuk menghapus perangkat:

  • Buka Find my iPhone lalu pilih Perangkat.
  • Pilih perangkat yang ingin dihapus.
  • Scroll ke bawah, sentuh opsi Hapus Perangkat Ini.
  • Ketuk tombol Hapus dan seluruh data iPhone akan terhapus.

Cara melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati memang membutuhkan kesabaran. Anda harus menunggu hingga perangkat menyala kembali agar bisa dilacak. Ketika sudah menyala, lakukan langkah-langkah di atas untuk melacak keberadaan perangkat. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar