Cara Backup WhatsApp, Mencadangkan Pesan Agar Tidak Hilang

Jakarta, TechOPet —

WhatsApp memiliki fitur backup atau mencadangkan pesan.Terdapat sejumlah langkah atau cara backup WhatsApp yang perlu Anda ketahui.

Fitur backup berguna untuk menyimpan pesan, media, dan dokumen di dalam WhatsApp agar tak hilang atau terhapus. Mencadangkan pesan juga dapat memudahkan pengembalian data saat Anda mengganti perangkat atau ponsel.

Backup WhatsApp dapat dilakukan dengan mengirim atau menyimpan pesan di email atau layanan cloud seperti Google Drive atau iCloud.



Sebelum mencadangkan pesan, pastikan layanan cloud sudah aktif dan terdapat ruang kosong atau memori yang cukup untuk menyimpan pesan dan data WhatsApp. Pastikan juga Anda memiliki internet yang kuat dan juga stabil agar proses WhatsApp bejalan dengan lancar.

Proses backup WhatsApp dapat dilakukan dengan mudah. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung seberapa banyak data yang terdapat di WhatsApp. Biasanya proses ini berlangsung beberapa menit.

Berikut cara backup WhatsApp:

Ilustrasi WhatsAppCara backup WhatsApp dapat dilakukan masuk ke menu pengaturan. Backup WhatsApp berguna untuk mencadangkan pesan agar tidak hilang sewaktu-waktu.(Foto: istockphoto/ oatawa)
  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  3. Ketuk opsi Setelan atau Settings.
  4. Lalu pilih opsi Chat.
  5. Kemudian opsi Cadangan Chat.
  6. Pilih opsi Cadangkan Pesan.

Selain fitur backup, WhatsApp juga menyediakan fitur ekspor pesan. Fitus ekspor chat ini berguna untuk mengirim salinan riwayat pesan.

Berikut cara ekspor chat:

Ilustrasi Whatsapp. TechOPet/Bisma SeptalismaSelain fitur backup WhatsApp, terdaoat juga fitur ekspor chat untuk mengirim salinan pesan. (Foto: TechOPet/Bisma Septalismaa)
  1. Buka WhatsApp.
  2. Pilih kontak atau grup yang ingin riwayat pesannya disalin.
  3. Pada kontak atau grup tersebut ketuk ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  4. Lalu ketuk opsi Lainnya.
  5. Ketuk Ekspor Chat. Pada opsi ini Anda akan diberi dua pilihan yakni memindahkan bersama seluruh media yang terdapat di dalam obrolah atau hanya pesan saja. Pilih sesuai kebutuhan Anda.
  6. Proses ekspor chat akan berlangsung.

Itulah cara backup WhatsApp agar pesan tak hilang dan cara ekspor chat WhatsApp.

(imb/ptj)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar