Cara Amankan Akun WhatsApp Jika Hp Hilang atau Dicuri

Jakarta, TechOPet —

Amakan akun WhatsApp Anda saat handphone (Hp) hilang atau dicuri. Jangan biarkan orang lain mengakses dan menyalahgunakan WhatsApp Anda. Berikut beberapa cara amankan akun WhatsApp jika Hp hilang atau dicuri.

Segera amankan akun WhatsApp Anda baik akun biasa maupun akun bisnis. Pasalnya, para pencuri dapat membuka chat Anda dan mengetahui informasi-informasi penting seperti foto, email, hingga akun bank.

Pada laman resminya, WhatsApp memberikan sejumlah langkah atau cara amankan akun WA jika Hp hilang atau dicuri. Berikut panduan yang dapat Anda lakukan.



1. Blokir kartu SIM

Ilustrasi sim card untuk smartphone. CNNIndonesia/Safir MakkiCara amankan akun WhatsApp jika Hp hilang atau dicuri adalah dengan memblokir kartu SIM sehingga orang lain tidak dapat memverifikasi akun WhatsApp Anda.(Foto: TechOPet/Safir Makki)

Hubungi provider atau penyedia jasa layanan seluler kartu SIM Anda sesegera mungkin untuk melakukan pemblokiran.

Pemblokiran kartu akan membuat orang lain tidak dapat melakukan verifikasi akun WhatsApp Anda pada ponsel Anda. Proses verifikasi dilakukan dengan menerima SMS ataupun telepon dengan nomor aktif.

2. Gunakan kartu SIM baru

Ilustrasi sim card untuk smartphone. CNNIndonesia/Safir MakkiCara amankan akun WA jika Hp hilang atau dicuri adalah dengan menggunakan kartu SIM baru. (Foto: TechOPet/Safir Makki)

Cara amankan akun WhatsApp jika Hp hilang atau dicuri berikutnya adalah dengan mendatangi gerai operator untuk membuat kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama atau nomor telepon lama. Aktifkan kembali WhatsApp dengan nomor tersebut.

WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu. Hal ini akan otomatis membuat akses pada telepon lain dihentikan.

3. Kirim email ke WhatsApp

Ilustrasi bekerja dengan laptopCara amankan akun WhatsApp jika Hp hilang atau dicuri adalah dengan mengirimkan email ke WhatsApp dan meminta untuk menonaktifkan akun. (Foto: Unsplash)

Selanjutnya, kirim email [email protected] dengan subjek email “Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya”. Sertakan juga nomor telepon Anda dalam format internasional pada badan email. Cara ini akan membuat akun WhatsApp Anda tidak bisa digunakan.

Berikut hal-hal yang terjadi saat WhatsApp dinonaktifkan:

  • Akun WhatsApp tidak sepenuhnya terhapus.
  • Pengguna lain tetap dapat melihat profil WhatsApp Anda.
  • Pengguna lain tetap dapat mengirim pesan ke WhatsApp Anda namun pesan itu akan berstatus tertunda selama 30 hari.
  • Pesan tertunda tersebut akan langsung masuk saat Anda mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda.
  • Akun WhatsApp Anda akan dihapus dari sistem jika dalam 30 hari Anda tidak mengaktifkannya kembali.

Itulah cara amankan akun WhatsApp jika Hp hilang atau dicuri. Pastikan para pencuri tidak menyalagunakan akun WhatsApp Anda.

(imb/ptj)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar