Budayawan: Islam Ajarkan Harmonisasi Manusia dan Alam |TechOPet Online

Dalam Islam, menjaga alam bagian dari ukhuwah.

TechOPet.com, JAKARTA — Di tengah momen Ramadhan, umat Islam diharapkan tetap merawat alam dan lingkungannya. Sebab Islam mengajarkan hubungan harmonis antara manusia dengan alam sekitarnya.

Hal itu disampaikan Budayawan KH Ngatawi Al Zastrow saat mengisi Ngabuburit Bersama Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan (BKNP PDIP) yang ditayangkan dan bisa ditonton ulang di akun Youtube @bknp pdiperjuangan. Acara ditayangkan jelang berbuka puasa, Senin (3/5), dengan tema ‘Merawat Alam Merawat Kehidupan’, dipandu host Sekretaris BKNP PDIP Rano Karno.

Ngatawi mengingatkan, umat Islam harus terus menyadari kelestarian lingkungan hidup merupakan bagian dari akhlak mulia yang harus diterapkan di tengah-tengah kehidupan. Dan itu juga merupakan bagian dari upaya menjaga keberlangsungan kehidupan di dunia. 

“Menjauhkan dari kerusakan dan bencana yang terjadi karena ulah sebagian manusia. Rasulullah SAW sebagai seorang Nabi telah memberikan perintah yang tegas kepada Ummat untuk menjaga alam ini dan tidak membuat kerusakan di dalamnya,” kata Ngatawi dalam keterangan persnya.

“Islam mengajarkan hubungan harmonis antara manusia dengan alam. Dalam Islam, menjaga alam bagian dari ukhuwah. Manusia sebagai seorang khalifah salah satu tugasnya adalah menjaga dan melestarikan alam,” tambahnya.

 

Bagikan

Tinggalkan komentar