BSI Gelar Pelatihan Kelola Keuangan dengan Google Spreasheet |TechOPet Online

Dosen BSI sebagai bagian dari pengabdian lakukan pelatihan kelola manajemen kas

TechOPet.com, JAKARTA – Keuangan dalam sebuah ogranisasi menjadi pondasi yang kuat terbangunnya sebuah organisasi. Keuangan juga bersifat sangat riskan. Jika tidak dikelola dengan baik akan amburadul dan bisa menghentikan jalannya sebuah organisasi.

Dalam hal ini, kelompok dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pengetahun ‘Pemanfaatan Google Spreadsheet Untuk Manajemen Keuangan Kas’. Kegiatan ini berlangsung secara daring pada Ahad (25/4) silam.

“Dalam melakukan kegiatan organisasi, mereka akan saling kerja sama. Kerja sama dilakukan agar tujuan dalam organisasi dapat tercapai. Dengan adanya organisasai tersebut pastilah mempunyai uang kas untuk kegiatan yang akan dilakukan,” tutur Ria Andriani selaku tutor, Ahad (25/4).

Ia menyebut, pentingnya pengelolalaan dengan spreadsheet karena pengelolaan di tempat tersebut masih dilakukan secara manual. Aplikasi spreadsheet sebagi media pembelajaran kreatif dan solutif untuk lebih memahami konsep fisika karena keterbatasan alat peraga.

“Google berinovasi dengan membawa konsep ini ke browser dengan dokumen sehingga kita dapat menggunakannya di mana pun kita pergi. Program spreadsheet yang familiar untuk pengolahan data yaitu Microsoft excel karena menyajikan fasilitas secara sederhana, mudah dan tidak memerlukan instalasi secara khusus,” ungkapnya.

Sebagai tembahan informasi, manajemen keuangan merupakan kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan asset yang dimiliki suatu perusahaan.

“Sebuah pengelolaan keuangan seharusnya direncanakan dengan matang sehingga tidak timbul masalah dikemudian hari,” ujarnya.

Fungsi dan manfaat google spreadsheets sendiri antara lain digunakan untuk mengelola data, melakukan perhitungan angka/ kalkulasi matematis, serta membuat grafik dan diagram. Sebagai ketua pelaksana, Mustofa berharap seluruh peserta mampu mengimplementasikan apa yang telah mereka dapat dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang telah berlangsung.

“Semoga dengan terlaksanannya pengabdian masyarakat ini, khususnya pemanfaatan google spreadsheet untuk manajemen keuangan kas Pemuda Tridharma Indonesia daerah Lebak bisa memanfaatkan keilmuannya yang didapat pada pelatihan ini,” tandasnya.

Bagikan

Tinggalkan komentar