BRIN Bentuk Tim Respons Insiden Keamanan Siber

Jakarta, TechOPet —

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan akan mengonversi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang ada di lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) menjadi CSIRT-BRIN.

“BRIN akan mengintegrasikan seluruh LPNK tersebut dan juga sebagian Balitbang (badan penelitian dan pengembangan) kementerian sehingga kemungkinan dalam waktu dekat kami akan mengkonversi CISRT yang sudah ada di LPNK itu menjadi CISRT-BRIN,” kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko saat peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSIRT) LIPI 2021, di Jakarta, disitat dari Antara Senin (28/6).

Strategi ini merupakan bagian dari integrasi LPNK oleh BRIN yang melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).



Konversi CSIRT-BRIN ini khusus untuk bidang keamanan siber. Skala data dan infrastruktur di bidang ini akan menjadi lebih besar, disebut kemungkinan lima kali lipat.

“Meskipun kami kemungkinan akan melakukan restrukturisasi infrastruktur sehingga kita akan cukup memiliki data center di maksimal empat lokasi saja untuk mendukung keseluruhan pengelolaan data dan komunikasi teknologi informasi di dalam lingkungan BRIN,” kata Handoko yang menjelaskan pembentukan CISRT-BRIN membutuhkan bantuan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Riset keamanan siber

Handoko mengatakan perkembangan teknologi berlangsung cepat dan variasi serang siber bakal makin canggih. BRIN dikatakan siap mendukung penguatan keamanan siber melalui peningkatan riset.

Dia menyebutkan BRIN akan mendukung BSSN, kemungkinan bisa dalam bentuk kerja sama antara kedua institusi. Tim riset BRIN dikatakan bisa memahami masalah yang dihadapi BSSN melalu riset, sedangkan BSSN bisa mendapatkan riset yang sudah dilakukan LIPI.

“Kalau ada problem yang spesifik yang belum ada solusinya mungkin bisa segera disampaikan kepada kami,” ujar Handoko.

(fea)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar