Bos Neuralink Kabarkan Mundur, Ada Apa?

techopet.com – Presiden Neuralink Max Hodak bercuit pada Sabtu (1/5/2021), dia telah meninggalkan perusahaan yang dia dirikan bersama dengan CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk.

Hodak tidak merinci mengapa dia keluar dari perusahaan atau menjelaskan lebih jauh tentang kepergiannya.

“Saya tidak lagi di Neuralink (seperti beberapa minggu lalu). Saya belajar banyak di sana dan tetap menjadi pemandu sorak yang hebat untuk perusahaan! Teruskan ke hal-hal baru,” tweetnya.

Sebagaimana melansir laman The Verge, Senin (3/5/2021), Neuralink difokuskan pada pengembangan antarmuka otak-mesin.

Bulan lalu, perusahaan tersebut memosting video ke YouTube yang memperlihatkan seekor monyet dengan implan Neuralink di otaknya, menggerakkan kursor pada layar komputer hanya dengan menggunakan pikirannya.

Musk dan Hodak mendirikan Neuralink bersama dengan beberapa orang lainnya pada 2016 dan Musk telah menginvestasikan jutaan dolar dari uangnya sendiri ke dalam usaha tersebut.

Cuitan bos Neuralink, Max Hodak. [Twitter]
Cuitan bos Neuralink, Max Hodak. [Twitter]

Tahun lalu, Stat News melaporkan bahwa beberapa mantan karyawan menggambarkan budaya internal yang kacau di Neuralink, yang mengatakan bahwa para ilmuwannya tidak selalu diberi cukup waktu untuk menyelesaikan proyek.

Meskipun Neuralink tidak menemukan antarmuka otak-mesin, teknologinya mencakup kabel tipis dan fleksibel serta lebih banyak elektroda daripada perangkat lain, berpotensi menyediakan lebih banyak data.

Musk telah menyatakan bahwa teknologi Neuralink suatu hari nanti memungkinkan orang lumpuh dapat berjalan kembali dan memungkinkan manusia mencapai “simbiosis AI”, yang menggabungkan otak manusia dengan kecerdasan buatan.

Tetapi beberapa komunitas ilmiah dan medis telah mengkritik Neuralink dan skeptis terhadap klaim ilmiahnya.

MIT Technology Review menyebut perusahaan itu “teater ilmu saraf”, dan mengatakan bahwa sebagian besar klaim medis perusahaan tetap sangat spekulatif.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar