Bioskop di Tangerang Raya Berangsur Beroperasi Kembali |TechOPet Online

Ppembatasan kapasitas maksimal di dalam bioskop adalah 25 persen.

TechOPet.com, TANGERANG — Pembukaan kembali bioskop segera dilakukan sepenuhnya di wilayah se-Tangerang Raya. Pada pekan ini, Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membuka tempat hiburan tersebut, menyusul Kabupaten Tangerang yang lebih dulu melakukannya. 

Pemkot Tangerang melalui Surat Edaran Nomor 180/1580-Bag.Hukum/2021 memperbolehkan gelanggang seni atau bioskop untuk kembali beroperasi di tengah pandemi Covid-19. Namun harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan memberlakukan pembatasan kapasitas maksimal 25 persen.

“Berdasarkan SE terbaru bioskop sudah diperbolehkan beroperasional. Untuk saat ini, kita masih tahap sosialisasi,” ungkap Boyke Urip, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang dalam keterangannya, dikutip Senin (26/4). Dia menyebut waktu dibukanya adalah pekan ini. 

Boyke menyampaikan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan atas protokol kesehatan di sejumlah bioskop di Kota Tangerang. Selain itu, Disbudpar bersama penanggungjawab bioskop juga melakukan penandatanganan perjanjian aturan operasional. 

“Dalam pemberlakuannya, Disbudpar akan menerjunkan petugas untuk melakukan pengawasan. Di sisi lain juga menjalin kerjasama  dengan Satpol PP untuk penindakan, jika ditemukan bioskop melanggar perjanjian atau peraturan yang sudah ditetapkan,” terangnya. 

Senada, Pemkot Tangsel melalui SE Nomor 440/1931/DataIndo.Par memperbolehkan pengoperasionalan bioskop di wilayah Tangsel. Pembukaan bioskop rencananya bakal dilakukan secara bertahap mulai Selasa (27/4).

“Rencana bertahap, akan kita buka satu dulu untuk evaluasi protokol kesehatan Covid-19 dan kami pilih bioskop di BX Change. Rencana Selasa akan dibuka,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Tangsel Heru Agus Santoso, baru-baru ini.

Lebih lanjut, dia menerangkan akan dilakukan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan, setelah bioskop tersebut dibuka, setidaknya satu pekan kemudian atau sekitar 4 Mei 2021. “Jika dalam waktu kurang lebih satu minggu bisa dilakukan (protokol kesehatan), akan dibuka semuanya sesuai kesiapan sarana dan prasarana prokes di masing-masing bioskop yang ada,” jelasnya. 

Sementara itu, Pemkab Tangerang diketahui telah membuka kembali bioskop di wilayahnya sejak awal April 2021. Salah satu lokasi bioskop yang dibuka adalah Summarecon Mal Serpong (SMS) di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. 

“Berdasarkan Surat Edaran Bupati Tangerang, perihal izin operasional bioskop sudah mulai dibuka secara bertahap,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, Senin (5/4). 

 

Bagikan

Tinggalkan komentar