Beralih ke Akun WhatsApp Bisnis: Cara Mudahnya dan Fitur yang Didapat

techopet.com – Merasa perlu memisahkan antara pesan pribadi dan pesan bisnis di WhatsApp? Ya, WhatsApp Business memiliki berbagai fitur yang dapat membantumu menjalankan bisnis secara efisien. Bagaimana cara beralih ke WhatsApp Business?

WhatsApp Business menyediakan fitur yang berfokus pada bisnis, seperti profil bisnis dan pesan otomatis untuk mempromosikan bisnis dan terhubung dengan pelanggan. Beralih dari WhatsApp Messenger ke akun WhatsApp Business cukup mudah dengan cara mudah berikut ini.

Cara Beralih ke WhatsApp Business

Dilansir dari laman resmi WhatsApp, ikuti beberapa langkah mudahnya berikut ini:

  1. Pertama, lakukan pencadangan data terlebih dahulu. Tidak membuat cadangan dapat menghilangkan riwayat chat.
    Caranya dengan Buka WhatsApp Messenger > Buka menu ‘Setelan/Pengaturan/Settings’ > pilih ‘Chat/Pesan’ > ‘Chat Back Up/Cadangkan Pesan’ > klik ‘Back Up/Cadangkan’.
  2. Sebelum beralih ke WhatsApp Bisnis, perbarui dahulu WhatsApp Messenger. Kemudian unduh WhatsApp Bisnis di Google Play Store atau Apple Play Store.
  3. Tinjau dan baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, klik Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.
  4. Secara otomatis, WhatsApp Business mengidentifikasi nomor telepon yang digunakan di WhatsApp Messenger. Ketuk opsi dengan nomor bisnis untuk melanjutkan.
  5. Tetap buka aplikasi WhatsApp Business dan pastikan pula telepon tetap menyala hingga proses transfer akun selesai. 
  6. Klik Lanjutkan dan Izinkan untuk memberi WhatsApp Business mengakses riwayat obrolan dan media.
  7. Verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  8. Terakhir, buat profil bisnis lalu klik Selanjutnya. Kamu bisa menambahkan informasi bisnis seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan sebagainya.
  9. Mulai chat setelah profil bisnis telah disetel.

Fitur WhatsApp Business

Untuk mempelajari berbagai fitur yang membantu bisnis secara efisien, buka layar chat. Ketuk Opsi lainnya pada Android atau Pengaturan pada iPhone, lalu ketuk Fitur bisnis.

  1. Katalog: Tampilkan dan bagikan informasi produk dan layanan melalui akun bisnis.
  2. Tautan singkat: untuk mempermudah pelanggan baru terhubung dengan pemilik akun. Bagikan pula tautan singkat yang dibuat secara otomatis agar pelanggan baru dapat mengirim pesan ke akun bisnis.
  3. Pesan otomatis: memungkinkan pengguna membuat pesan ucapan otomatis atau template pesan untuk berinteraksi dengan pelanggan baru.
  4. Label: Sortir percakapan dengan pelanggan ke dalam kategori “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses” yang dapat membantumu.

Demikian cara beralih ke WhatsApp Business yang paling mudah. Langsung coba dan semoga bisnis Anda semakin suskes.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar