Baut Rem Kendur, Ribuan Tesla Ditarik dari Tangan Konsumen

Jakarta, TechOPet —

Tesla melakukan penarikan kembali atau recall hampir 6.000 unit produk terkait masalah kaliper rem di Amerika Serikat. Recall ini dilakukan untuk dilakukan perbaikan pada komponen kaliper yang disebut mengalami baut kendur.

Penarikan yang diumumkan pada Selasa (1/6) melibatkan 5.974 mobil dari Model 3 dengan tahun produksi 2019-2021 dan Model Y produksi 2020-2021.

“Baut kaliper rem mungkin longgar, memungkinkan kaliper rem terpisah dan menyentuh pelek roda,” menurut dokumen yang dikirim oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) ke Tesla, mengutip AFP Jumat (4/6).



Menurut NHTSA, buat kendur itu menyebabkan bagian kaliper berpotensi menyentuh pelek. Bila kondisi itu terjadi disebut meningkatkan risiko kecelakaan, sehingga perlu segera dilakukan perbaikan.

Tesla mengumumkan belum ada laporan kecelakaan hingga memakan korban akibat masalah ini menurut dokumen NHTSA.

Merek otomotif asal Amerika Serikat ini akan segera melakukan pemeriksaan terhadap Tesla yang tercatat mengalami masalah. Perusahaan akan menghubungi konsumen untuk mengunjungi bengkel Tesla terdekat untuk dilakukan perbaikan pada bagian kaliper.

Sebelumnya Tesla telah menyadari bila baut pada kaliper rem hilang untuk Tesla Model Y 2021. Mereka lantas melakukan penyelidikan untuk melihat seberapa luas masalah itu, namun bali kali ini resmi dan sepengatahuan NHTSA.

(jps/mik)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar