Apple Watch Selanjutnya Bisa Deteksi Gula dan Alkohol dalam Darah

techopet.com – Apple tengah mengembangkan sederet fitur kesehatan untuk perangkat Apple Watch selanjutnya. Diyakini fitur yang akan segera dikeluarkan adalah sensor untuk memantau tekanan darah, kadar gula darah, hingga alkohol dalam tubuh.

Menurut laporan Telegraph, Rabu (5/5/2021), perusahaan asal Cupertino ini telah bekerja sama dengan perusahaan asal Inggris Rockley Photonics untuk menghadirkan sensor tersebut di jam tangan pintar Apple.

Rockey Photonics sendiri telah mengembangkan sensor akurat yang dapat membaca beberapa sinyal darah yang biasanya hanya dapat dideteksi menggunakan perangkat medis.

Sensor ini akan ditanamkan di bagian belakang jam yang nantinya bekerja dengan cara memancarkan sinar inframerah langsung ke kulit.

Beberapa perangkat smartwatch saat ini masih terbatas pada sensor pendeteksi detak jantung. Mereka belum menemukan sensor untuk melacak kadar gula darah yang berguna untuk pasien dengan penyakit diabetes. Sensor baru ini adalah tujuan jangka panjang mereka dalam menghadirkan teknologi wearable.

Selain itu, Rockley juga disebut memiliki kontrak kemitraan dengan Apple. Selama dua tahun terakhir, dua perusahaan ini memiliki perjanjian pasokan dan pengembangan yang sedang berlangsung.

CEO Rockley Andrew Rickman mengatakan, teknologi tersebut diharapkan bakal segera hadir ke konsumen tahun depan. Namun ia menolak mengatakan bahwa produk ini diproduksi untuk perangkat Apple atau bukan.

Memasukkan teknologi kesehatan ke dalam smartwatch Apple akan meningkatkan upaya perusahaan untuk menjadi pemain penting dalam kesehatan digital. Sebelumnya Apple juga sudah memperkenalkan beberapa sensor seperti detak jantung hingga kadar oksigen darah di perangkat tersebut.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar