Apple Rilis Fitur Baru iOS 15 untuk Kehidupan Pasca-pandemi

Jakarta, TechOPet —

Perusahaan teknologi Apple meluncurkan fitur-fitur baru di iOS 15 yang melayani kehidupan pasca-pandemi, termasuk pembaruan untuk panggilan video di FaceTime dan kunci digital di Wallet.

Di FaceTime, Apple akan menawarkan opsi baru untuk memungkinkan pengguna menonton film atau mendengarkan musik bersama selama dalam panggilan. Opsi ini juga memperkenalkan tampilan grid baru untuk menampilkan setiap wajah dengan lebih baik dalam panggilan.

Pengguna Android dan Windows sekarang juga dapat bergabung dengan panggilan FaceTime.



“Kita semua bertemu menggunakan panggilan video untuk hampir semua hal,” kata SVP rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi, saat presentasi virtual pada Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), Senin (7/6) dikutip TechOPet.

Apple juga memperkenalkan pembaruan pada dompet selulernya yang memungkinkan pengguna membuka kunci semuanya dari rumah hingga kamar hotel dengan kunci digital di aplikasi.

“Anda tidak akan pernah bisa meninggalkan rumah tanpa kunci Anda, jadi kami terus menambahkan kunci ke dompet dan membuatnya lebih baik lagi,” kata Jennifer Bailey, VP layanan internet dan Apple Pay.

Salah satu tambahan terbaru kunci digital ini seperti kunci mobil untuk membuka kendaraan dari iPhone. Menurut Bailey, BMW dan lainnya akan memuat mobil dengan fitur ini mulai akhir 2021.

Perusahaan juga akan memungkinkan untuk menyimpan kartu identitas pengguna di Apple Wallet. Pengguna dapat memindai SIM atau KTP ke dalam aplikasi dompet -di negara bagian yang berpartisipasi- di mana itu akan disimpan dalam bentuk terenkripsi. Bailey mengatakan Apple bekerja sama dengan TSA untuk menggunakan ID digital itu di pos pemeriksaan keamanan bandara.

Selama pandemi, kegiatan lebih banyak dilakukan di balik layar. Pengumuman Apple kali ini mengisyaratkan bagaimana perusahaan tersebut berharap untuk tetap menjadi bagian penting dari kehidupan pengguna, bahkan ketika banyak yang melanjutkan bekerja dan bersosialisasi di luar rumah.

Bagi orang-orang yang masih sering terpaku pada layar mereka, Apple memperkenalkan fitur iOS baru yang disebut “Fokus”. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih jenis pemberitahuan yang ingin mereka terima, dan dari siapa, pada waktu tertentu dalam sehari.
Pengguna dapat menyetel ponselnya ke mode “kerja”, dan memilih hanya menerima notifikasi dari rekan kerja, email, dan pesan Slack. Saat notifikasi lain dimatikan, pengguna dapat menyetel balasan otomatis “jangan ganggu” untuk pesan.

“Dengan Focus, Anda dapat mengukir waktu di hari Anda untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi,” kata Federighi.

Di iMessage, Apple memudahkan pengguna melacak foto, tautan, dan konten lain yang telah mereka kirimkan. Aplikasi termasuk Foto, Safari, dan Apple Music juga akan menyertakan “folder bersama dengan Anda” untuk menyorot konten yang telah dikirim melalui pesan.

(cnn/pmg)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar