Apple Hentikan 12 mini dan Bocoran iPhone 12s September Nanti

Jakarta, TechOPet —

Apple dilaporkan akan menghentikan produksi iPhone 12 mini pada kuartal kedua 2021 dan meluncurkan seri iPhone 12s tahun ini.

Penghentian produksi dilakukan akibat performa penjualan ponsel mini yang buruk. Ponsel ini meluncur pada Oktober 2020 bersama dengan seri lain, iPhone 12, 12 Max, 12 Max Pro. Ponsel iPhone 12 mini menawarkan layar 5,4 inci untuk menargetkan pengguna smartphone yang ingin menggunakan layar lebih kecil dan harga lebih murah.

Meski dikabarkan produksi ponsel ini akan dihentikan, tapi penjualan ponsel ini masih bisa ditemukan di sejumlah gerai ritel online dan offline Apple tanpa keterlambatan pengiriman. Ponsel ini tersedia dalam enam warna termasuk warna ungu yang meluncur akhir April lalu.



Apple diperkirakan akan meluncurkan iPhone 13 mini tahun ini. Tapi, kabar beredar kalau perusahaan itu akan menghentikan seluruh ponsel Mini dengan layar 5,4 inci pada 2022, seperti dilaporkan MacRumors

Bocoran iPhone 12s

Meski demikian, Apple akan meluncurkan seri iPhone 12s pada September mendatang. Diduga harga jual ponsel itu tak jauh beda dari seri 12.

“Meski harga beberapa komponen utama naik akibat ketatnya pasokan… (Namun,) harga awal seri iPhone mendatang kemungkinan akan relatif setara dengan harga awal seri iPhone 12 untuk menjaga pemasukan Apple dari lini bisnis layanan perangkat terkait dengan penjualan iPhone,” seperti dilaporkan Trend Force

Meski demikian, belum ada kepastian bahwa seri ponsel baru ini akan dinamakan seri “s” sebab Apple belum memberikan pengumuman resmi tentang hal itu.

Disebutkan notch pada bagian atas ponsel bakal makin mengecil di seri anyar ini. Hal itu merupakan imbas dari makin kecilnya ukuran sensor yang digunakan Apple untuk bagian depan ponselnya itu.

Untuk seri iPhone 12s, Apple akan melakukan sejumlah pembaruan pada perangkat seperti prosesor, layar, memori, dan kamera.

Seri iPhone 12s akan menggunakan prosesor A15 yang diproduksi oleh TSMC di node 5nm+. Layar ponsel bakal menggunakan panel AMOLED, sementara layar untuk seri Pro disebut akan menggunakan layar dengan kecepatan refresh 120Hz.

Sementara untuk kapasitas memori, diperkirakan iPhone 12s bakal meluncur dengan varian memori serupa dengan seri 12.

Untuk kamera, Apple meningkatkan semua kualitas kamera dengan menyertakan teknologi stabilisasi gambar. Sementara lensa 6P seri Pro juga akan ditambahkan degnan pemindai LiDAR yang tak ada di seri yang lebih rendah.

Secara keseluruhan, diharapkan kehadiran perangkat baru ini bakal menyumbang sekitar 39 persen dari total volume produksi tahunan Apple untuk tahun 2021.

Semua iPhone 12s sudah dilengkapi cip modem 5G. Sehingga, pangsa pasar ponsel 5GApple diproyeksikan akan naik dari 39 persen di 2020 menjadi 75 persen pada 2021.

(eks)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar