Apple AirTag Bisa Digunakan di Perangkat Android, Ini Caranya

techopet.com – Apple baru saja memperkenalkan perangkat AirTag, sebuah alat pelacak untuk menemukan suatu barang yang hilang. Meski dibuat untuk perangkat Apple, nyatanya bisa bekerja dengan smartphone Android.

Dikutip dari Cnet, Minggu (25/4/2021), perangkat AirTag bisa memang bisa bekerja di smartphone Android, namun hanya sebatas untuk mengembalikan ke pemilik asli apabila perangkat tersebut hilang.

Caranya, pengguna AirTag bisa menggunakan fitur NFC di perangkat Android mereka. Fitur ini bisa membaca chip NFC yang ada di dalam AirTag hanya dengan menempelkannya.

Setelah AirTag dan Android terpasang, perangkat akan dikirimkan notifikasi yang menampilkan tautan web. Tautan ini akan membawa pengguna Android tersebut melihat informasi tentang AirTag dan pemiliknya.

AirTag dibuat untuk iPhone, namun pengguna Android bisa memanfaatkannya pula [Patrick Holland/CNET].
AirTag dibuat untuk iPhone, namun pengguna Android bisa memanfaatkannya pula [Patrick Holland/CNET].

Jika perangkat itu ditandai hilang, maka pengguna akan melihat instruks tentang cara menghubungkan ke pemilik asli. Perlu dicatat, perangkat Android yang bisa bekerja dengan AirTags ini adalah mereka yang memiliki fitur NFC.

Apple AirTag sudah bisa dibeli pada tanggal 30 April dengan harga 29 dolar AS atau Rp420.000. Perusahaan juga menyediakan bundel berisi empat AirTag seharga 99 dolar AS atau Rp1,4 juta.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar