Aplikasi Wajib untuk Menunjang Ibadah di Bulan Ramadhan

Al-Quran Tajwid

Aplikasi Wajib untuk Menunjang Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinantikan bagi umat muslim. Pada bulan suci Ramadhan, puasa menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim.

Selama bulan puasa ini kita harus memperbanyak ibadah agar memperoleh banyak keberkahan di bulan Ramadhan. Agar ibadah semakin lancar dan mudah, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang aplikasi wajib untuk menunjang ibadah di bulan Ramadhan.

A. Aplikasi Al Qur’an

Al Qur’an merupakan kitab suci bagi umat muslim. Sebagai pedoman hidup, Al Qur’an harus rajin dibaca dan dipahami tafsirnya. Kini kamu tidak perlu membawa mushaf Al-Qur’an kemana-mana ketika hendak membacanya.

Pada smartphone sudah tersedia banyak aplikasi Al Qur’an dengan segala fitur menariknya. Berikut ini adalah beberapa aplikasi Al Qur’an yang bisa kamu download di smartphone kamu.

B. Al-Quran Tajwid

Al Qur’an Tajwid merupakan aplikasi Al Qur’an yang bisa memudahkan kamu untuk membaca Al Qur’an dimana pun. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengakses seluruh bacaan Al Qur’an sebanyak 30 juz.

Menariknya, aplikasi ini tiap bacaan ayatnya dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan hukum-hukum tajwid. Ini sangat membantu untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai hukum tajwid. Aplikasi ini juga menyediakan fitur murottal.

C. Qur’an Best

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang sudah memiliki sertifikat Tahsin dari Departemen Agama RI. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini sangat beragam diantaranya yaitu dilengkapi terjemahan, terdapat pencatat lembar tilawah, dan audio murottal MP3.

D. Al Qur’an Indonesia

Al Qur’an Indonesia yaitu aplikasi Al Qur’an dengan terjemahan bahasa Indonesia untuk memudahkan kita membaca artinya. Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang simpel dan user friendly.

Aplikasi ini memiliki fitur yang menarik diantaranya penandaan tajwid, berbagi ayat ke sosial media, jadwal sholat harian, kalender Hijriyah, dan arah kiblat..

1. Aplikasi penunjang ibadah

Pada bulan suci Ramadhan, seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk mengerjakan ibadah dan amal kebaikan. Berikut ini adalah aplikasi wajib untuk menunjang ibadah di bulan Ramadhan.

1.1. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro memiliki paket lengkap yang membantu kamu memudahkan pelaksanaan ibadah. Muslim Pro memiliki banyak fitur yang menarik mulai dari do’a harian, Al Qur’an, penunjuk arah kiblat, jadwal waktu sholat, hingga penghitungan zakat.

1.2. Muslimlife

Aplikasi yang dikembangkan oleh GITS Indonesia ini memiliki banyak fitur keren yang bermanfaat dalam menunjang ibadah. Aplikasi ini terdapat fitur yang bisa mengecek apakah bacaan Al-Fatihah yang kamu lantunkan sudah benar atau belum.

Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa menyalurkan donasi melalui fitur Asuh Hafidz. Aplikasi ini juga berguna untuk menambah wawasan seputar Islam melalui artikel maupun video pembelajaran yang disampaikan oleh para ustadz.

2. Aplikasi referensi masak untuk sahur dan berbuka

Salah satu aktivitas di bulan puasa yaitu sahur dan berbuka. Biasanya di bulan puasa, ketika berbuka ingin memakan sesuatu yang lezat dan nikmat. Beberapa aplikasi ini bisa memberikan kamu referensi untuk membuat menu sahur dan berbuka.

2.1. Yummy App

Aplikasi Yummy App memberikan kamu banyak tips, tutorial, dan beragam resep dalam membuat masakan. Kamu bisa mencari inspirasi menu sahur dan berbuka di aplikasi ini. Ada banyak menu khas bulan puasa yang bisa kamu coba menggunakan resep dari aplikasi ini.

2.2. Resep Ramadhan

Aplikasi Resep Ramadhan ini berukuran 6.8 MB sehingga cukup ringan untuk didownload. Aplikasi ini berisi aneka resep menu sahur dan berbuka. Tersedia juga resep minuman dan takjil khas di bulan puasa. Kamu bisa mencari referensi menu khas Ramadhan melalui aplikasi ini.

3. Aplikasi panduan di bulan Ramadhan

Aplikasi ini berguna untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada penggunanya terkait bulan Ramadhan, mulai dari tentang pelaksanaan puasa, keutamaan puasa, malam Lailatul Qadar, dan panduan lainnya yang bermanfaat.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan ibadah bulan Ramadhan.

3.1. Buku Saku Ramadhan

Aplikasi Buku Saku Ramadhan ini akan membantu kamu agar lebih siap dan matang dalam menjalani bulan Ramadhan. Aplikasi ini berisikan segala panduan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan.

Selain itu, terdapat juga informasi-informasi tentang berbagai hal di bulan Ramadhan untuk menambah wawasan.

3.2. Panduan Puasa Ramadhan

Aplikasi Panduan Puasa Ramadhan ini berisi tentang pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan. Dalam aplikasi ini, kamu akan mendapatkan rujukan terkait ibadah puasa dan ibadah yang lainnya. Aplikasi ini akan membantu kamu melaksanakan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan.

3.3. KESAN

Aplikasi KESAN adalah singkatan dari Kepribadian Muslim dan Kedaulatan Santri. Aplikasi ini berguna agar kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Aplikasi ini dapat membimbing kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Salah satu fitur di aplikasi ini yaitu fitur hadits hari ini. Fitur tersebut akan menampilkan hadits-hadits yang shahih. Selain itu juga ada fitur kitab kuning yang jarang ada di aplikasi lain dan kalender Hijriyah.

3.4. Toppa

Toppa merupakan aplikasi yang akan memandu kamu agar lebih giat dalam melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Aplikasi ini terdapat banyak fitur menarik, diantaranya menampilkan berita islami yang bisa dibaca sambil menunggu waktu berbuka.

Pada aplikasi ini juga terdapat alarm imsak yang membantu kamu mengetahui waktu imsak. Selain itu, ada juga alarm waktu shalat wajib dan sunnah.

3.4. Umma

Umma merupakan aplikasi wajib untuk menunjang ibadah di bulan Ramadhan. Aplikasi ini menjadi paket lengkap karena fitur-fiturnya sangat beragam. Fiturnya mulai dari panduan waktu shalat dan penentu arah kiblat.

Selain itu, terdapat pula aneka referensi resep masakan untuk santap sahur dan berbuka. Kamu juga bisa mengunggah konten yang nantinya kamu kamu akan mendapatkan poin untuk disedekahkan. Menarik bukan?

3.5. Marbel

Aplikasi Marbel ini diperuntukkan bagi anak-anak untuk mengajarkan tentang ibadah dan amalan di bulan Ramadhan.

Aplikasi ini memberikan edukasi dengan animasi unik dan menarik yang akan disukai oleh anak-anak. Hal ini akan membuat anak-anak tidak cepat merasa bosan ketika sedang belajar. Aplikasi ini sangat cocok diberikan ke anak-anak.

3.6. Asisten Amalku

Aplikasi Asisten Amalku akan membantu kamu untuk mengelola amalan sehari-hari di bulan Ramadhan. Aplikasi ini akan mengingatkan para penggunanya untuk melakukan amal shaleh.

Fitur yang diberikan pada aplikasi ini yaitu target amalku, amal harian, dan statistik amalan. Selain itu, tersedia juga fitur Masjid Sekitar yang akan membantu kamu menemukan masjid terdekat ketika sedang bepergian.

4. Aplikasi hiburan di bulan Ramadhan

Untuk menyemangati diri dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan, ada beberapa aplikasi hiburan di bulan Ramadhan yang bisa kamu miliki. Selain memberikan hiburan, aplikasi ini juga bisa menemani kamu ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

4.1. Lagu Ramadhan

Aplikasi Lagu Ramadhan ini berisikan lagu-lagu religi dengan alunan nada yang lembut dan menyejukkan hati. Alunan lagu religi tersebut dilantunkan oleh para penyanyi religi kenamaan seperti Opick, Maher Zain, Wali, dan lainnya.

4.2. Sholawat Merdu Ramadhan

Aplikasi ini berisikan lantunan sholawat yang bisa kamu dengarkan. Selain menjadi hiburan, lantunan shalawat ini bisa menjadi amalan yang kamu lakukan di bulan Ramadhan. Aplikasi ini sangat cocok dimiliki saat bulan Ramadhan.

Itulah beberapa Aplikasi Wajib untuk Menunjang Ibadah di Bulan Ramadhan. Semoga di Ramadhan tahun ini kamu bisa menjadi pribadi yang semakin baik dan semakin bertaqwa kepada Allah SWT. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Tinggalkan komentar