Amazon Beli MGM Studios Senilai Rp 120 Triliun

techopet.com – Amazon telah sepakat untuk membeli rumah produksi terkemuka Hollywood, MGM Studios dengan harga 8,45 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 120,7 triliun.

Dengan pembelian MGM, posisi Amazon Prime akan lebih menarik bagi para penonton, karena katalog filmnya akan semakin kaya. Selain itu, langkah Amazon ini membuat persaingan dengan Netflix, Disney+, dan Apple TV semakin ketat.

MGM adalah produsen dan pemilik lisensi dari berbagai film serta waralaba ikonik dunia, mulai dari James Bond, Rocky, The Hobbit, dan masih banyak lagi. Amazon, berkat pembelian MGM, akan diperkaya oleh 4000 film dan 17.000 acara televisi.

“Nilai finansial sesungguhnya di balik kesepakatan ini adalah harta karun kekayaan intelektual dalam katalog yang rencananya akan kami kembangkan bersama tim MGM,” kata Mike Hopkins, wakil presiden senior Prime Video dan Amazon Studios seperti dilansir dari BBC.

Adapun MGM Holdings, perusahaan induk MGM Studios, dikabarkan sudah berupaya menjual anak usahanya itu sejak 2020 lalu.

“Kesempatan untuk sejarah MGM dengan Amazon adalah sebuah kombinasi yang menginspirasi,” kata Kevin Ulrich, ketua dewan direksi MGM.

Persaingan di industri streaming online akan semakin ketat, bukan saja karena langkah Amazon ini tetapi juga karena raksasa telekomunikasi Amerika Serikat, AT&T juga akan membangun sebuah perusahaan streaming baru dengan menggabungkan WarnerMedia degnan Discovery.

Adapun akuisisi MGM Studios ini adalah pembelian terbesar kedua oleh Amazon. Yang terbesar adalah pembelian Whole Foods Market senilai 13,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 196 triliun pada 2017 silam.

Sumber dari suara.com

Bagikan

Tinggalkan komentar