5 Kapal Selam Termahal di Dunia

Jakarta, TechOPet —

Kapal selam milik TNI AL, Nanggala-402 dilaporkan tenggelam di lautan Bali dan kini berstatus ‘Eternal Patrol’. Usai alutsista maritim milik RI dinyatakan tenggelam, warga di Jogokariyan, Yogyakarta menggalang dana untuk membeli kapal selam pengganti kapal tua pabrikan Howaldtswerke-Deutsche Werft di Kiel Jerman itu.

Galang dana mulanya hanya lewat aksi para Himpunan Anak-anak Masjid Jogokariyan (Hamas) di sepanjang Pasar Sore Kampoeng Ramadhan Jogokariyan.

Donatur berbondong-bondong menyumbang lewat donasi Hamas, hingga menghasilkan donasi senilai Rp365 juta lebih. Donatur makin meluas usai Ustaz Abdul Somad turut menyerukan gerakan patungan dengan seluruh rakyat Indonesia untuk membeli kapal selam baru.



Setiap negara memiliki berbagai tipe kapal selam untuk memperkuat sektor maritim. Berikut daftar 5 kapal selam termahal yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Kelas Triomphant

Kapal selam kelas Triomphant merupakan kapal selam termahal dan terbesar nomor satu yang digunakan Angkatan Laut Perancis saat ini. Disebut sebagai The Terrible, kapal selam ini menelan biaya pembangunan US$4 miliar atau senilai Rp57 triliun pada tahun 2000.

Apabila ditambahkan dengan inflasi, saat ini biaya pembangunan dikalkulasi mencapai US$5 miliar atau sekitar Rp72 triliun. Kapal ini tidak memiliki kecepatan tinggi seperti kapal lain. Namun kapal ini diklasifikasikan sebagai kapal selam rudal balistik nuklir.

The Terrible adalah kapal selam nuklir yang merupakan bagian dari seri 4. The Terrible dapat menampung total 111 orang dan juga dilengkapi dengan beberapa sonar berteknologi paling tinggi serta sistem senyap.

Kapal ini memiliki kemampuan persenjataan besar, yakni 16 rudal nuklir, 4 tabung torpedo, dan rudal anti kapal, semuanya dapat ditembakkan saat menyelam.

2. Kelas Seawolf

Kapal selam kelas Seawolf dikembangkan dengan tujuan untuk mengembalikan keunggulan teknologi yang dimiliki Angkatan Laut AS kepada Uni Soviet pada 1945, hingga pertengahan 1980, di saat terjadi praktik dagang dan perang dingin di kedua negara adidaya itu.

Kapal ini digunakan untuk mencari dan menghancurkan kapal selam rudal balistik milik Soviet, seperti kelas Typhoon dan kapal selam perang kelas Akula.

Seawolf masuk dalam jajaran kapal paling canggih dan juga sebagai kapal selam pemburu-pembunuh mahal di dunia. Selain itu, Seawolf dicap sebagai kapal paling tenang di dunia, meski dalam kecepatan tinggi.

Kapal ini diklasifikasikan sebagai kapal selam serang nuklir yang ditenagai oleh reaktor nuklir. Kapal ini dapat melaju 65 kilometer per jam dan memiliki 8 tabung torpedo yang dapat meluncurkan total 50 torpedo dan rudal nuklir.

Kapal besutan AS ini dapat menampung total 140 anggota awak dan menghabiskan dana sekitar US$3,5 miliar atau senilai Rp50,7 triliun.


3. Kelas Virginia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Bagikan

Tinggalkan komentar