5 Cara Jaga Data Pribadi Via WhatsApp Agar Tetap Aman

Jakarta, TechOPet —

Penyalahgunaan data pribadi kini marak dilakukan. Data pribadi itu bisa digunakan untuk berbagai motif kejahatan termasuk kejahatan di dunia maya.

Salah satu motif kejahatan siber ini kerap menyasar para pengguna aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Oleh karena itu, setiap orang mesti tahu cara jaga data pribadi di WhatsApp.

Agar tetap aman dan tidak disalahgunakan, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan data yang bersifat privasi.



Berikut cara jaga data pribadi via WhatsApp:

Cara Jaga Data Pribadi Via WhatsAppTerdapat sejumlah cara jaga data pribadi via WhatsApp yakni dengan mengatifkan fitur pemberitahuan keamanan, mengaktifkan verifikasi dua langkah, dan mengontrol privasi akun. (Foto: Tangkapan layar aplikasi WhatsApp)

1. Aktifkan fitur pemberitahuan keamanan

Saat Anda masuk ke laman akun WhatsApp, jangan lupa untuk aktifkan fitur pemberitahuan keamanan (Security).

Dengan cara ini, pengguna bisa mengetahui bahwa percakapan Anda terenkripsi secara end-to-end.

Kode keamanan yang di enkripsi end-to-end dapat berubah. Salah satu faktornya karena Anda atau kontak Anda memasang ulang WhatsApp atau mengganti telepon.

Berikut cara untuk mengaktifkan pemberitahuan ketika kode keamanan berubah:

  • Buka Setelan WhatsApp.
  • Ketuk Akun > Keamanan.
  • Setelah ini, Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan keamanan dengan mengetuk tampilan notifikasi keamanan.

2. Aktifkan verifikasi dua-langkah

Ilustrasi WhatsAppCara jaga data diri via WhatsApp bisa dilakukan dengan sejumlah cara. (Foto: istockphoto/ oatawa)

Cara jaga data pribadi via WhatsApp selanjutnya yaitu mengaktifkan verifikasi dua-langkah atau Two-step verification.

Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional resmi bawaan WhatsApp yang memberikan keamanan tambahan bagi setiap penggunanya.

Ketika menyalakan verifikasi dua langkah, Anda diminta memasukkan alamat email yang berfungsi untuk mengirim tautan saat menyetel ulang PIN jika lupa.

Selain itu, jika ada sesuatu hal yang mencurigakan lainnya pada akun Anda, WhatsApp dapat memberi tautan peringatan demi menjaga keamanan akun.

3. Kontrol pengaturan privasi akun WhatsApp

Meski semua obrolan percakapan di WhatsApp terenkripsi dengan aman, pemilik akun tetap wajib menjaga privasi lainnya supaya tidak ada celah untuk pencuri data.

Sebaiknya, Anda membatasi siapa saja yang boleh melihat Status WhatsApp, foto profil WhatsApp hingga status terakhir dilihat atau last seen.

Untuk mengaturnya, pilih Pengaturan > pilih menu Akun > ketuk Privasi. Kemudian Anda bisa memilih opsi yang disesuaikan, di antaranya Everyone, My Contacts atau Nobody.

4. Jangan gunakan fitur pengunci aplikasi tambahan

Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan layanan pengunci tambahan untuk menjaga keamanan akun. Namun, banyak dari aplikasi tersebut belum terjamin keamanannya.

Namun perlu diketahui bahwa WhatsApp tidak memiliki fitur pengunci aplikasi tambahan selain Two-step verification. WhatsApp tidak menyarankan untuk menggunakan fitur pengunci tambahan karena berisiko menimbulkan hal-hal tidak diinginkan.

5. Blokir nomor tidak dikenal

Waspadai pesan dari nomor yang tidak dikenal. Apalagi jika mereka menyertakan link yang mencurigakan.

Pastikan Anda hanya membalas pesan dari nomor yang diketahui. Jangan pula mengklik link yang yang mencurigakan karena dapat membahakan akun dan data pribadi Anda.

Anda juga harus menjaga data pribadi dengan tidak memberikan kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Data pribadi yang harus dijaga meliputi tanggal lahir, alamat, nomor identitas, dan sebagainya.

Jika Anda tidak mengenal pengirim pesan, segera blokir nomor tersebut. Nomor yang sudah diblokir tidak akan dapat mengirim pesan ke akun Anda.

Itulah cara jaga data pribadi via WhatsApp supaya tetap aman di dunia maya.

(avd/ptj)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar