5 Aplikasi Paling Banyak Cuan Awal 2021, TikTok Juaranya

Jakarta, TechOPet —

Aplikasi asal China, Tiktok menjadi salah satu dari lima aplikasi dengan pendapatan tertinggi selama paruh waktu 2021.

Mengutip South China Morning Post, penghasilan Tiktok dalam rentang waktu itu mencapai lebih dari US$920 juta atau sekitar Rp13,3 triliun. Meski laba besar, namun jumlah pengunduh TikTok turun hingga 38 persen.

Aplikasi milik ByteDance itu juga menjadi aplikasi non-game terlaris di seluruh dunia baik di App Store maupun Google Play dari 1 Januari hingga 23 Juni. Hal itu tentu berdampak pada pendapatan maupun penjualan dari biaya app store, menurut data Sensor Tower.



Berikut sederet aplikasi yang memiliki pendapatan tertinggi selama enam bulan pertama di 2021 ini.

YouTube

Aplikasi berbasis video Youtube menduduki posisi kedua dalam hal pendapatan. Platform ini meraup $564,7 juta atau sekitar Rp8,1 triliun dari pengeluaran konsumen.

Tinder

di peringkat ketiga aplikasi kencan Google, Tinder menyabet posisi tersebut. Income yang dimiliki perusahaan asal Amerika ini mencapai $520,3 juta atau Rp7,5 triliun.

Piccoma

Piccoma memulai bisnisnya pada 15 mei 2016. Lima tahun kemudian aplikasi webtoon Jepang memperoleh pendapatan sebesar 4,37 miliar yen atau sekitar Rp575 miliar pada Mei 2021.

Disney Plus

Disney Plus adalah layanan streaming baru yang diluncurkan oleh raksasa hiburan Amerika pada November 2019. Aplikasi ini menduduki posisi ke lima sebagai salah satu platform terkaya, dengan meraup $103,6 juta atau Rp1,4 triliun.

Disney pertama kali merencanakan beralih ke pasar streaming pada tahun 2016, dengan mengakuisisi saham di pengembang teknologi streaming BAMTech. Dalam 24 jam usai rilis, platform itu telah mencapai 10 juta pelanggan, termasuk mereka yang mendaftar saat pra-rilis.

Mengutip Business of Apps, hingga Mei 2021 aplikasi ini telah diunduh lebih dari 150 juta kali sejak pertama kali diluncurkan. Disney Plus diproyeksikan menghasilkan lebih dari $10 miliar atau Rp145 triliun pada tahun 2021.

Sementara itu, lima aplikasi yang paling laris diunduh versi Sensor Tower diantaranya TikTok, Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger.

(nis/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar