3 Bahaya Menggandakan Akun WhatsApp yang Perlu Diketahui

Jakarta, TechOPet —

Clone WhatsApp adalah salah satu fitur aplikasi modifikasi yang digunakan untuk menggandakan akun WhatsApp. Akun WhatsApp yang dikloning dapat digunakan dalam beberapa perangkat sekaligus.

Namun, perlu diketahui terdapat sejumlah bahaya clone WhatsApp. Pasalnya, fitur ini digunakan dari aplikasi pihak ketiga yang tidak dikeluarkan oleh WhatsApp secara resmi sehingga berisiko membahayakan pengguna.

WhatsApp menyatakan aplikasi modifikasi tersebut melanggar term of service WhatsApp dan keamanannya tak bisa dipertanggungjawabkan.



Berikut bahaya clone WhatsApp:

1. Akun diblokir

Ilustrasi Whatsapp. TechOPet/Bisma SeptalismaSalah satu bahaya clone WhatsApp adalah akun yang dapat diblokir. WhatsApp mengancam akan memblokir sementara atau bahkan permanen pada setiap akun yang menggunakan WhatsApp modifikasi. (Foto: TechOPet/Bisma Septalisma)

Bahaya clone WhatsApp yang pertama yaitu dapat di-banned atau diblokir oleh WhatsApp. Akun pengguna dapat diblokir sementara atau bahkan diblokir permanen sehingga tak bisa menggunakan WhatsApp lagi.

Ancaman ini ditujukan bagi semua pengguna WhatsApp modifikasi.

2. Pencurian data pribadi

Ilustrasi WhatsAppBahaya clone WhatsApp berikutnya adalah rentan pencurian data pribadi. (Foto: istockphoto/ oatawa)

Clone WhatsApp dapat meningkatkan risiko pencurian data pribadi yang dapat membahayakan Anda. Pasalnya, clone WhatsApp dapat digunakan dibanyak perangkat secara bersama-sama sehingga memudahkan pencuri data melakukan aksinya.

Data pribadi, pesan, dan juga dokumen Anda dapat disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggungjawab.

3. Merusak Perangkat

Ilustrasi WhatsApp. (TechOPet/Adhi Wicaksono)Salah satu bahaya clone WhatsApp adalah dapat merusak perangkat yang Anda gunakan karena berisiko mengandung virus. (Foto: TechOPet/Adhi Wicaksono)

Menurut penelitian Internet Research Institute, versi modifikasi WhatsApp lebih rentan memiliki virus yang dapat merusak perangkat Anda. Aplikasi ini dapat menyuntikkan malware dan spyware pada perangkat.

Perangkat dan data pribadi Anda berada dalam bahaya. Gadget yang terkena malware atau spyware sangat mudah dikendalikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Agar terhindar dari bahaya clone WhatsApp, pengguna diminta untuk hanya menggunakan aplikasi WhatsApp yang resmi karena sudah memiliki fitur end-to-end encryption.

(avd/ptj)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar