120 Makanan Luar Angkasa Astronaut China, Ada Ayam Kung Pao

Jakarta, TechOPet —

Astronaut China Shenzhou 12 akan memilih makanan lebih dari 120 menu hidangan selama tiga bulan tinggal di orbit luar angkasa. Beberapa di antaranya berupa daging babi suwir dan sapi lada hitam.

Sebelumnya, astronaut China Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo tiba di modul stasiun ruang angkasa Tianhe pada 17 Juni. Kini, mereka dapat mengakses logistik di atas pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 2 yang diluncurkan pada 29 Mei itu.

Sebanyak 6,8 ton pasokan yang dikirim Tianzhou 2 berisi makanan dan minuman pokok, termasuk berbagai teh, jus, dan sup. Pesawat ruang angkasa juga mengangkut pendingin untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran segar.



Dalam sebuah foto bahkan terlihat astronaut minum dari kantong kecil di orbit. Salah satu astronaut China, Wang Yaping memamerkan berbagai paket makanan di modul lab luar angkasa Tiangong 1.

Kepala pelatih astronaut China, Huang Weifen mengatakan biasanya bentuk makanan padat, tanpa tulang, dan disajikan menjadi potongan-potongan kecil untuk memenuhi selera pribadi para astronaut.

Makanan itu termasuk saus bawang putih rasa daging babi suwir, ayam kung pao, daging sapi lada hitam, acar kubis hingga daging babi suwir.

“Kami juga telah melengkapi stasiun luar angkasa dengan dapur dan oven microwave, sehingga para astronaut memiliki lebih banyak metode untuk memanaskan makanan daripada sebelumnya,” kata Huang, kepada media pemerintah China, CCTV sebagaimana dikutip Space, Sabtu (26/6).

“Mereka dapat memiliki makanan panas kapanpun mereka membutuhkan,” tambah Huang.

Mengutip Times Now News, astronaut menggunakan bumbu seperti saus babi dan saus lada Sichuan untuk membantu menyesuaikan hilangnya indera perasa sementara selama di luar angkasa.

Lebih dari 100 hidangan khusus untuk astronaut telah direvolusi China selama bertahun-tahun. Hal itu dilakukan untuk menjalankan proyek misi panjang mereka.

(nis/DAL)

[Gambas:Video TechOPet]


Bagikan

Tinggalkan komentar